Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Travel » KM Bintang Jaya VI Terbakar di Perairan Utara Bali, 10 ABK Diselamatkan Kapal Berbendera Hongkong

KM Bintang Jaya VI Terbakar di Perairan Utara Bali, 10 ABK Diselamatkan Kapal Berbendera Hongkong

(11 Views) November 6, 2019 5:30 am | Published by | No comment


Sepuluh anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan oleh sebuah kapal kargo berbendera Hong Kong, dan Selasa (5/11/2019) malam pukul 21.30 Wita seluruh ABK kapal nahas tersebut sudah dievakuasi ke Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng (foto: ist).

Singaraja (SpotBaliNews) 
Kapal Motor (KM) Bintang Jaya VI terbakar hebat di perairan utara Bali dengan posisi koordinat pada 50,64 mil dari Pelabuhan Celukan Bawang.

Sepuluh anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan oleh sebuah kapal kargo berbendera Hong Kong, dan Selasa (5/11/2019) malam pukul 21.30 Wita seluruh ABK kapal nahas tersebut sudah dievakuasi ke Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng.

 Nahkoda KM Bintang Jaya VI, Martin (37) setibanya di Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng mengatakan, kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Bayangan, Probolinggo hari Senin (4/11/2019) sekitar pukul 17.00 WIB dengan tujuan Papua untuk mengambil ikan.

Martin yang warga Tanjung Balai, Karimun ini, mengatakan setibanya di titik lokasi terbakar sekitar pukul 14.00 Wita, kapal berbobot 168 GT itu mengalami masalah pada mesin karena baling-balingnya tersangkut tali.

Martin pun memerintahkan salah seorang ABK-nya untuk mematikan mesin dan membersihkan baling-baling yang tersangkut tali. Setelah itu, lanjut dia, saat mesin hendak dihidupkan kembali, tiba-tiba keluar percikan api dan dalam waktu sekejap menjalar ke seluruh kapal.

Melihat kapal terbakar, Martin memerintahkan anak buahnya meninggalkan kapal setelah sebelumnya mencoba upaya  memadamkan api, namun gagal.

Menurut dia, selaku kapten kapal, ia bersama ABK yang lain sempat terapung selama satu jam sebelum ditolong kapal kargo Vioner berbendera Hong Kong tujuan Australia. “Beruntung ada kapal yang melintas dan menolong kami,” imbuh Martin.

Setelah mendapat pertolongan, pihak kapal kargo Vioner menghubungi pihak Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng terkait terbakarnya KM Bintang Jaya VI tersebut agar ke-10 ABK dilakukan penjemputan ke tengah laut.

Kepala Basarnas Pos Buleleng, Dewa Hendri usai proses penjemputan ke-10 ABK KM Bintang Jaya VI ke kapal kargo Vioner, mengatakan, saat dilakukan penjemputan, kondisi ABK dalam keadaan sehat. “Sekitar satu jam penjemputan kami tiba di kapal yang mengevakuasinya, dan setelah itu menuju Pelabuhan Celukan Bawang,” imbuh Dewa Hendri.

Selanjutnya ke-10 ABK tersebut diserahkan kepada KSOP Celukan Bawang dan Pelindo III Celukan Bawang untuk mendapatkan penanganan.(jos)

Categorised in:

No comment for KM Bintang Jaya VI Terbakar di Perairan Utara Bali, 10 ABK Diselamatkan Kapal Berbendera Hongkong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *