Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Lifestyle » Akselerasikan Penguatan Ekosistem 5G Lintas Sektor di Indonesia, Telkomsel kembali Luncurkan Layanan Telkomsel 5G Serentak di Lima Kota

Akselerasikan Penguatan Ekosistem 5G Lintas Sektor di Indonesia, Telkomsel kembali Luncurkan Layanan Telkomsel 5G Serentak di Lima Kota

(1438 Views) Juni 7, 2021 1:01 pm | Published by | No comment

Telkomsel terus mengakselerasi pengembangan ekosistem 5G dengan meluncurkan layanan Telkomsel 5G di lima kota lainnya, yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar (7/6).

Jakarta (Spotbalinews) –

Melanjutkan kehadiran di kota Jakarta, Medan, Surakarta, dan Balikpapan, Telkomsel terus mengakselerasi pengembangan ekosistem 5G dengan meluncurkan layanan Telkomsel 5G di lima kota lainnya, yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar (7/6). Keberlanjutan perluasan layanan Telkomsel 5G secara bertahap dan terukur ini sekaligus mendorong penguatan ekosistem digital lintas sektor dengan menghadirkan solusi gaya hidup digital dengan komitmen menghadirkan the best 5G experience yang akan menunjang kemajuan masyarakat.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, hadirnya layanan Telkomsel 5G di lima kota ini menjadi wujud komitmen Telkomsel sebagai the first 5G operator in Indonesia dalam menghadirkan akses konektivitas digital terdepan yang akan semakin mendorong keterbukaan peluang-peluang yang lebih luas lagi untuk segala kemungkinan, termasuk dalam hal pemberdayaan masyarakat dan transformasi sektor industri. “Komitmen kami selanjutnya adalah memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik untuk segmen konsumen, pemerintah, akademisi, maupun industri. Untuk itu, kami secara bertahap akan memperluas jangkauan 5G dan mengembangkan solusi digital melalui layanan 5G dengan kualitas terbaik, jaringan berkecepatan tinggi, dan latensi rendah, serta mendorong kolaborasi yang semakin kuat antar pemangku kepentingan yang memiliki tujuan kuat yang sama dalam melakukan transformasi digital untuk mendukung aktivitas keseharian.” katanya.

Nugroho menambahkan bahwa hadirnya jaringan Telkomsel 5G mampu meningkatkan kapabilitas digital nasional dengan memajukan sektor-sektor unggulan di kota-kota tersebut. Salah satunya sektor pariwisata dengan diversifikasi layanan dan jasa melalui optimalisasi teknologi digital terdepan. Atau sektor pendidikan yang dapat mendukung upaya pengembangan riset yang terukur dan tepat untuk memastikan pemberdayaan teknologi 5G yang tepat guna ke masa mendatang. Selain itu, 5G juga dapat mendorong implementasi Industry 4.0 melalui peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional untuk berbagai sektor industri.

Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo RI, Mulyadi ST, MT, mengatakan Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar 5G.
“Masyarakat Kota Denpasar juga telah menjadi salah satu kota pertama di Indonesia yang menikmati layanan 5G. Ini menunjukan Kota Denpasar dan Bali memiliki potensi yang sangat strategis bagi pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia dan memiliki arti penting bagi perekonomian di Indonesia, “tuturnya

Ia menambahkan, ini suatu kesempatan yang luar biasa, yang perlu dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Denpasar dan Bali pada umumnya. Hadirnya 5G harus dapat mendorong industri pariwisata di Bali menjadi lebih maju. Oleh karenanya diperlukan kerja sama yang baik antar semua pemangku kepentingan untuk pemanfaatan teknologi ini.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, SE, MM mengatakan, layanan internet dengan kecepatan tinggi saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dalam menunjang aktivitas sehari-hari.
“Maka dari itu, kami dari pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi kepada Telkomsel atas terobosannya sebagai perusahaan telekomunikasi Indonesia pertama yang menghadirkan layanan jaringan super cepat 5G dimana manfaatnya kini dapat juga dinikmati secara langsung oleh warga Kota Denpasar,” tambah dia.

Ia mengatakan hadirnya jaringan 5G, diharapkan dapat membawa pengaruh positif dalam berbagai sektor, memberikan kesempatan kesempatan dan peluang yang tidak terbatas bagi masyarakat, khususnya warga Kota Denpasar dalam mengembangkan potensi yang dimiliki, utamanya di bidang ekonomi UMKM.
“Kami juga berterima kasih atas apresiasi Telkomsel kepada kami, dengan menjadikan Denpasar sebagai salah satu kota pertama di Indonesia yang dapat menikmati 5G. Dengan terus bekerja sama dengan pemerintah kota, semoga Telkomsel 5G dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat,” ujarnya.
network error occurred while fetching the HLS video.
Pada fase awal peluncuran di lima kota tambahan ini, layanan Telkomsel 5G telah tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap. Untuk kota Batam, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Batam Center. Sedangkan di kota Makassar, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pettarani Makassar. Kemudian untuk kota Surabaya, cakupan jaringan 5G Telkomsel meliputi GraPARI Pemuda Surabaya. Di kota Denpasar, jaringan Telkomsel 5G sudah tersedia di GraPARI Renon Bali. Masyarakat juga kini dapat mengunjungi GraPARI tersebut untuk merasakan secara langsung teknologi 5G dari Telkomsel dengan menggunakan layanan digital terkini seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).
Sedangkan untuk di kota Bandung, jaringan Telkomsel 5G hadir di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung. Kehadiran teknologi 5G dari Telkomsel di kedua kampus ternama ini ditujukan untuk mendukung riset yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam mengembangkan pemanfaatan teknologi 5G yang tepat guna bagi kehidupan masyarakat. Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam menghadirkan teknologi 5G tidak hanya untuk untuk mengakselerasi adopsi gaya hidup digital yang lebih produktif dan inovatif oleh masyarakat, namun juga untuk mendorong transformasi Indonesia menuju kedaulatan dan kemandirian digital yang utuh.

“Keunggulan teknologi 5G dapat membuka lebih banyak peluang terciptanya solusi dan inovasi digital yang lahir dari para talenta tanah air. Sehingga harapannya, dengan kehadiran Telkomsel 5G di Indonesia, masyarakat tidak hanya menjadi smart digital user atau sekedar menjadi pengguna, melainkan menjadi smart digitalpreneur atau pemain utama dalam ekosistem pemanfaatan teknologi 5G dan berkontribusi lebih terhadap penguatan perekonomian dan ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan”, jelas Nugroho.

Di Telkom University saat ini telah dikembangkan beberapa aplikasi dan inovasi hasil riset pemanfaatan teknologi 5G beserta ekosistemnya. Contohnya antara lain adalah Telesthethoscope, sebuah stetoskop berbasis internet of things (IoT) yang memungkinkan penyimpanan data rekam suara paru maupun jantung serta penggunaan dari jarak jauh sehingga penggunaannya lebih aman di masa pandemi; PATRIOT-NET, yang merupakan sistem terintegrasi dalam upaya preventif dan pemulihan jaringan pasca bencana berupa peringatan dini memanfaatkan teknologi IoT dan pemulihan jaringan telekomunikasi menggunakan Mobile Cognitive Radio Base Station (MCRBS); Autonomous UVC Mobile Robot, sebuah robot otonom yang dapat melakukan sterilisasi ruang isolasi medis dengan sinar UVC; Doctor Representative Robot (Doper), sebuah alat komunikasi antara dokter dan pasien Covid-19 dari jarak jauh yang memungkinkan pemantauan suhu dengan infra-red; serta Arrhythmias Monitoring System (Amons), yang merupakan alat monitoring electrocardiogram (ECG) dengan tingkat akurasi dan sensitivitas yang lebih tinggi, dan lain-lain.

Kolaborasi Teknologi 5G Telkomsel bersama Schneider Electric
Bersamaan dengan momen peluncuran layanan 5G serentak di lima kota ini, Telkomsel juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Schneider Electric untuk memperkuat kemitraan strategis dalam mempercepat transformasi digital (DX) Indonesia dan Industri 4.0 dengan melaksanakan 5G trial joint collaboration melalui berbagai program. Beberapa program dilaksanakan, seperti live streaming virtual tour dari pabrik pintar Schneider Electric di Batam ke mitra global dan membantu teknisi dalam aktivitas pemeliharaan EcoStruxure Machine Advisor. Kolaborasi dengan Schneider Electric menunjukkan keseriusan Telkomsel dalam mendukung kebutuhan industri akan manfaat 5G.

Nugroho menjelaskan, “Penandatanganan MoU dengan Schneider Electric juga menjadi bukti nyata komitmen kami dalam menghadirkan ekosistem layanan 5G yang tepat guna melalui upaya kolaboratif dengan para pemangku kepentingan, terutama dengan pelaku di industri. Kami sangat antusias untuk menghadirkan solusi berbasis teknologi 5G bagi pelaku industri lain untuk mengakselerasi transformasi digital perusahaan. Telkomsel juga akan terus memperkuat kolaborasi kami dengan para pemangku kepentingan lainnya dalam ekosistem 5G untuk menyediakan layanan Telkomsel 5G yang tepat guna dan dapat diakses oleh lintas sektor industri.”

Lebih lanjut, sebagai First 5G Operator yang terus mendorong adopsi 5G di Indonesia, termasuk di sektor industri, Telkomsel menggelar inisiatif D’Frontrunner sebagai gerakan untuk mengajak banyak perusahaan tampil terdepan dalam transformasi digital. Ada sejumlah program yang dijalankan dari inisiasi D’Frontrunner, di antaranya D’Frontrunner Award, dan D’Frontrunner Talk. Inisiatif tersebut menjadi bagian dari Telkomsel myBusiness sebagai unit bisnis yang memimpin orkestrasi teknologi digital melalui penyediaan solusi bisnis berbasis digital yang komprehensif.(rls)

Categorised in:

No comment for Akselerasikan Penguatan Ekosistem 5G Lintas Sektor di Indonesia, Telkomsel kembali Luncurkan Layanan Telkomsel 5G Serentak di Lima Kota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *