Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » Aset LPD Tabanan terus Tumbuh Positif hingga Tembus Rp 1,803 Triliun

Aset LPD Tabanan terus Tumbuh Positif hingga Tembus Rp 1,803 Triliun

(72 Views) November 14, 2019 12:27 pm | Published by | No comment
Koordinator LPLPD Kabupaten Tabanan, I Dewa Nyoman Alit Astina, SE

Tabanan (SpotBaliNews) –
Keberdaan Lembaga Keuangan Milik Desa Adat terus alami pertumbuhan yang positif. Seperti halnya LPD yang ada di kabupaten dengan Julukan Lumbung beras ini, terus alami perkembangan yang sangat positif, yakni hingga per September tahun 2019 aset LPD telah mencapai Rp 1,803 Tirliun. Hal itu diungkapkan Koordinator LPLPD Kabupaten Tabanan, I Dewa Nyoman Alit Astina, SE, beberapa waktu lalu di kantornya.

Menurutnya, dengan jumlah LPD yang ada di Kabupaten Tabanan sebanyak 307 LPD dan yang beroperasi sebanyak 253 LPD, sedangkan yang tidak jalan sebanyak 54 LPD. Untuk LPD yang tidak beroperasi kebanyakan disebabkan oleh ruang lingkup desa adat yang sangat kecil serta tempat yang jauh di pedalaman sehingga sulit mencari pengurus LPD yang baru, karena awalnya dalam membangkitkan sebuah lembaga adat seperti LPD memang harus dengan niat ngayah bahkan tidak digaji. “Itulah sebabnya sulit sekali mencari pengurus LPD yang baru, namun kita selaku pembina LPD tidak mau tinggal diam dan kita akan tetap berusaha secara maksimal bersama BKS LPD, baik di propinsi maupun di Kabupaten Tabanan, serta dibantu mitra kita BPD Bali, bisa kita hidupkan kembali LPD yang belum beroperasi,” ucapnya.

Astina menambahkan, di samping aset yang terus tumbuh positif, laba LPD juga per September Rp 42,5 miliar jika dibandingkan Agustus Laba LPD naik 13,5% mencapai Rp 37,3 miliar. Kemudian pertumbuhan
Kredit per September Rp 1,236 Triliun sedangkan Agustus Rp 1,230 Triliun sedangkan untuk dana pihak ketiga
(DPK) hingga September Rp 1,504 Triliun. Saat ini jumlah pegawai yang ada Kabupaten Tabanan dari 307 dengan jumlah karyawan karyawati sebanyak 1.234 orang tentunya jumlah ini tidak sedikit, oleh karena itu Alit berharap di tahun 2019 semua LPD yang ada di Kabupaten Tabanan dapat berkembang dengan positif sehingga nantinya dengan LPD berkembang maka akan berimbas terhadap Laba meningkat serta kontribusi LPD juga ke Desa Adat semakin meningkat berupa dana pembangunan sebesar 20,% dari Laba LPD setiap tahunya pungkasnya.( Yes)

Categorised in:

No comment for Aset LPD Tabanan terus Tumbuh Positif hingga Tembus Rp 1,803 Triliun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *