Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » BI Bekerjasama Pemkab Jembrana Panen Perdana Udang Vaname Berorientasi Ekspor

BI Bekerjasama Pemkab Jembrana Panen Perdana Udang Vaname Berorientasi Ekspor

(171 Views) Januari 24, 2022 4:16 am | Published by | No comment

Jembrana (Spotbalinews) –
Potensi udang vaname dan kakao di Bali sangat besar untuk dikembangkan ke depannya karena memiliki kualitas yang baik. Kedua produk pertanian dan kelautan tersebut berpeluang menjadi komoditi berskala ekspor. Hal itu diungkapkan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Rizki Ernadi Wimanda, Senin (24/01/2022), dalam acara Panen Perdana Udang Vaname di UMKM Binaan Gapokkan Kampung Vaname Mandiri Desa Budeng Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana, dihadiri Bupati Jembrana yang diwakili Kadis Dinas Perikanan, Ir I Ketut Wardana Naya, Perwakilan BPD Bali, Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (secara daring) dan dihadiri oleh instansi terkait lainnya.

“Salah satu upaya yang dilakukan BI Bali adalah melakukan pengembangan UMKM berorientasi ekspor di sektor pertanian dan kelautan,” katanya.

Menurutnya, BI mendukung penuh pengembangan komoditas perikanan Bali termasuk sertifikasinya sehingga bisa diekspor. Harapannya, dapat meningkatkan ekonomi nelayan, petani dan masyarakat. Untuk itu, pengembangan udang vaname perlu ada sinergi dengan semua pihak terkait.

Berkaitan dengan pengembangan komoditas udang vaname di Jembrana, diakui, KPwBI Bali melakukan pembinaan di sektor hulu dengan menggandeng Gapokkan yang dibina untuk melakukan budi daya udang vaname.

Melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) PKE UMKM, BI memberikan bantuan kepada Gapokkan sejak 2020 berupa rumah pakan, plastik terpal untuk kolam,
kincir, sumur bor dan mesin pompa tambak, hingga pembentukan SDM Gapokkan, serta pembentukan demplot atau percontohan budi daya udang vaname.

“Untuk menciptakan pembinaan yang utuh dari hulu (budi daya) hingga hilir, kami melakukan pembinaan kepada Gapokkan,” paparnya. Pembinaan tersebut berupa pendampingan dan pemberian bantuan teknis terkait dengan pengelolaan SDM dengan bekerja sama dengan Pemkab Jembrana. Selain hal tersebut, dalam rangka mendukung program digitalisasi UMKM, KWT juga diikutkan pada program onboarding UMKM dengan memperkenalkan sistem pembayaran nontunai menggunakan QRIS, sistem pemasaran digital pada media sosial dan market place serta mekanisme pencatatan keuangan dengan menggunakan Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK).

“Termasuk lakukan pendampingan budi daya udang vaname dengan memberikan bantuan teknis budidaya udang yang bekerjasama dengan Balai Prorduksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2) Kementerian Keluatan Republik Indonesia, dan sekolah lapang cuaca oleh BMKG Wilayah III,” ucapnya.

Ditambahkannya, usaha pengembangan komoditas udang vaname ini dapat berjalan dengan baik dengan sinergi dan dukungan dari berbagai pihak. BI terus mendukung upaya pemerintah dalam mendorong udang vaname Jembrana tetap menjadi salah satu komoditas ekspor primadona Bali, sehingga tidak hanya mengharumkan nama Jembrana secara internasional, namun juga memberikan manfaat ekonomi bagi para petani dan masyarakat

Hal senada diungkapkan Kadis Dinas Perikanan, Ir I Ketut Wardana Naya.
“Untuk menambah PAD Kabupaten Jembrana, Bupati Jembrana galakan budidaya udang vaname, dimana Kabupaten Jembrana sebagai salah satu sentra produksi udang vaname di Indonesia,” katanya.

Lanjutnya, peluang ekspor lebih banyak untuk udang vaname sangat menjanjikan. Pasalnya, belakangan terakhir pasar internasional kekurangan pasokan udang sekitar ratusan ton. “Sementara kami baru bisa menyediakan pasokan sebanyak 8.000 ton dan kami targetkan tahun ini pasokan bisa lebih dari 10.000 ton,” jelasnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BI Bali serta pengurus Gabungan Kelompok Pembudidaya Ikan (Gapokkan) Kampung Vaname Mandiri Desa Budeng yang telah berupaya dalam pengembangan udang sehingga pada hari ini bisa panen perdana. (aya)

Categorised in:

No comment for BI Bekerjasama Pemkab Jembrana Panen Perdana Udang Vaname Berorientasi Ekspor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *