Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » BI Fasilitasi Kerjasama Marriott International di Indonesia dengan Pelaku Usaha Bali

BI Fasilitasi Kerjasama Marriott International di Indonesia dengan Pelaku Usaha Bali

(236 Views) Desember 3, 2021 11:27 am | Published by | No comment
Denpasar (Spotbalinews) -
Pada hari Selasa tanggal 30 November 2021, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali memfasilitasi penandatanganan kerja sama pengadaan bahan makanan antara Marriott International di Indonesia dengan 2 (dua) pelaku usaha di Bali, yaitu Perusahaan Umum Daerah Dharma Santhika Tabanan dan UD Aditya Poultry Shop. Penandatangan tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Bali, Bupati Tabanan dan Bupati Bangli. 

Upaya fasilitasi tersebut merupakan bukti komitmen Bank Indonesia untuk mendukung program pemulihan ekonomi di Bali melalui program kerja sama (bussiness matching) antara pelaku usaha lokal Bali dengan korporasi tingkat nasional/multinasional yang beroperasi di Provinsi Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan bahwa kerja sama ini tidak terlepas dari adanya Peraturan Gubernur Bali No. 99 tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali. Dalam ketentuan tersebut dijelaskan setiap pelaku usaha wajib mengutamakan pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali dalam kegiatan usahanya. 

Oleh karena itu, Bank Indonesia berinisiatif untuk mensinergikan berbagai pelaku usaha yang ada di Bali sehingga mendorong penggunaan produk UMKM lokal Bali yang pada akhirnya akan memberikan multiplier effect yang lebih besar bagi perekonomian Bali.
Trisno menambahkan bahwa kerja sama tersebut barulah permulaan dari kerja sama lainnya yang akan digagas. 

Untuk tahap awal, komoditas yang diperdagangkan masih terbatas pada beras dan telur. Ke depan, Bank Indonesia akan mengajak lebih banyak korporasi besar lainnya untuk bisa bersinergi dengan pelaku usaha lokal di Bali dengan pilihan komoditas yang lebih beragam. Semakin banyak pelaku usaha yang dilibatkan dengan berbagai komoditas, pemulihan perekonomian Provinsi Bali diharapkan berlangsung semakin cepat. Momentum penyelenggaraan G20 dan mulai pulihnya sektor pariwisata di Bali menjadi kesempatan yang tepat agar kerja sama serupa bisa diperluas.

Dalam konteks pengendalian inflasi, kerja sama ini juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kestabilan harga di daerah. Dengan sistem penjualan langsung dari produsen ke pelaku usaha perhotelan tanpa melalui perantara, maka rantai distribusi bisa menjadi lebih sederhana dengan biaya yang lebih efisien sehingga harga yang ditransaksikan juga menjadi lebih murah.

Gubernur Bali, Wayan Koster mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Bank Indonesia untuk mempercepat pemulihan ekonomi di Bali. Koster juga menyambut baik komitmen Marriott International di Indonesia yang telah menggandeng pelaku usaha lokal di Bali untuk pemenuhan kebutuhan bahan makanan. Total hotel yang dimiliki Marriott International sebanyak 23 (dua puluh tiga) hotel di Provinsi Bali.

Koster menjelaskan bahwa Bali memiliki banyak komoditas lokal yang berpotensi untuk dikerjasamakan ke depan, diantaranya jeruk, manggis, garam, arak, daging sapi, dan lain-lain. Harapannya perjanjian kerja sama ini tidak hanya berhenti sampai pada acara seremoni penandatanganan saja, namun juga ditindaklanjuti hingga tahap transaksi, serta mendorong pelaku usaha hotel, restoran dan kafe lainnya untuk bersama-sama turut menggunakan produk UMKM lokal Bali.
Dalam sambutannya, Ramesh Jackson selaku Area Vice President – Indonesia, Marriott International menyampaikan ucapan terima kasih dapat ikut berpartisipasi dan bersinergi dengan Bank Indonesia dalam mempercepat pemulihan ekonomi Provinsi Bali. “Kami merasa terhormat dapat berkontribusi terhadap inisiatif Bank Indonesia dalam memajukan pemulihan Bali. Di Marriott International, kami berkomitmen untuk memberikan dampak positif dan berkelanjutan, memberikan nilai bagi tamu, pemilik, lingkungan, dan komunitas tempat kami beroperasi. Aliansi inovatif antara Bank Indonesia, Gubernur Bali dan Marriott International ini sejalan dengan janji kami untuk mendukung produk lokal Bali dan pertanian lokal dan perdagangan perikanan” ucap Ramesh.(rls)

Categorised in:

No comment for BI Fasilitasi Kerjasama Marriott International di Indonesia dengan Pelaku Usaha Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *