Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » BKS-LPD Karangasem Tingkatkan Sinergi dengan Bank BPD Bali

BKS-LPD Karangasem Tingkatkan Sinergi dengan Bank BPD Bali

(276 Views) Januari 16, 2021 5:26 am | Published by | No comment
Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali di masa pandemi ini semakin mempererat sinergi dengan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang ada di Kabupaten Karangasem

Amlapura (Spotbalinews) –

Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali di masa pandemi ini semakin mempererat sinergi dengan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang ada di Kabupaten Karangasem. Saat acara sinergi BPD Bali Cabang Karangasem dengan LPD di Karangasem pada Jumat (15/1/2021) di Gedung BKS LPD Kabupaten Karangasem di Kawasan Desa Bungaya Kangin dihadiri Ida Bagus Gede Setiayasa, S.Kom,MM selaku Direktur Operasional Bank BPD Bali, Ketut Andayana Kusumayasa, SE.,MM, KCB Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Anak Agung Made Agung, Kabag CSR Bank BPD Bali, Rahayu Kartika Dewi, S.E, M.M, Kasi DJA BPD Bali Cabang Karangasem, Drs.  I Made Mastiawan, Ketua BKS LPD Kabupaten Karangasem, I Nyoman Sedana Ariana, SE, Koordinator LPLPD Kabupaten Karangasem serta Jajaran Pengurus BKS LPD Kabupaten Karangasem. 

Direktur Operasional Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setiayasa, S.Kom.,MM didampingi KCB Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Ketut Andayana Kusumayasa, SE.,MM menyampaikan bahwa saat ini Bank BPD Bali secara berkesinambungan terus melakukan investasi di Bidang Teknologi sehingga diharapkan teknologi tersebut dapat diterapkan di LPD sebagai mitra kerja Bank BPD Bali.

“Ke depan kita berharap LPD di Kabupaten Karangasem akan semakin berkembang dan memiliki daya tahan dalam pengelolaan kinerja keuangan di tengah pandemi ini. Selain itu saya sangat mengapresiasi keberhasilan BKS LPD Kabupaten Karangasem dalam pembangunan gedung baru sehingga ke depannya keberadaan gedung ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan gathering atau kegiatan lain yang bisa dikerjasamakan dengan Bank BPD Bali” kata Setiayasa. 

“Selanjutnya yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana melakukan digitalisasi LPD termasuk dalam tata kelola keuangan dan layanan, sehingga masyarakat dapat memilih LPD sebagai lembaga keuangan satu pintu yang siap memenuhi kebutuhan mastarakat.

Hal tersebut kata Setiayasa menjadi salah satu poin utama bagaimana membangun LPD yang memiliki kapasitas yang teruji handal. “Apakah kita tetap tergantung pada eksternal dalam pengembangan layanan digital karena saat ini teknologi, kecepatan, efisien dan kemudahan adalah salah satu isu penting dalam melakukan service kepada nasabah. Sebagai sesama lembaga keuangan yang memiliki karakteristik sama, perlu dibedah, kerja sama model apa yang bisa dilakukan dengan penyedia jasa,” imbuhnya. 

Masing-masing LPD harus mempunyai terobosan-terobosan yang membuat perbedaan dalam fitur-fitur layanan. Produk boleh sama namun fitur layanan yang berbeda. “Nama dan branding berbeda tidak apa-apa tapi produk dasarnya sama. Itu menjadi pemikiran saya. Sekarang risiko persaingan finansial tinggi, dimana orang-orang sudah melek teknologi dan aksesnya mudah, akses digitalisasi ke UMKM seperti pedagang di desa harus diikuti dengan apa yang dilakukan Bank BPD Bali,” paparnya. 

Drs. I Made Mastiawan, Ketua BKS LPD Kabupaten Karangasem menyambut baik kehadiran Direksi Bank BPD Bali ke gedung baru ini. Terimakasih kepada Bank BPD Bali Cabang Karangsem yang sudah memfasilitasi keinginan BKS LPD Karangasem dan sudah terealisasi hari ini. 

“Kerja sama yang sudah terjalin dengan LPD se-Karangasem dapat terjalin dengan baik, maka kami tetap berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Bank BPD Bali serta tetap komit untuk melakukan penempatan dana seluruh LPD Karangasem di Bank BPD Bali” katanya. 

Ia mengakui, saat ini setelah pembangunan Gedung BKS telah terealisasi pula pembangunan penyenderan gedung BKS LPD Karangasem supaya tidak longsor. Disamping itu ada beberapa hal yang perlu diselesaikan terutama penataan kantor supaya bisa dimanfaatkan secara maksimal terutama dalam penguatan kelembagaan baik pelatihan dan sebagainya. “Kepada Bank BPD Bali Cabang Karangasem jika ada kegiatan diharapkan untuk memanfaatkan gedung ini,” harap Mastiawan. 

I Nyoman Sedana Ariana, SE, Koordinator LPLPD Kabupaten Karangasem mengakui sekarang adalah zamannya menggunakan informasi teknologi dan LPD harus memanfaatkannya. “Kita harus siap bersinergi terkait IT dengan Bank BPD Bali. Kita telah didukung penuh oleh BPD,” ucapnya. 

Aset LPD Kabupaten Karangasem dari 190 LPD hingga Desember 2020 mencapai Rp 1,6 triliun dengan laba Rp 34 miliar dengan dana pihak ketiga Rp 1,4 triliun, kredit Rp 1,07 triliun. (Yes)

Categorised in:

No comment for BKS-LPD Karangasem Tingkatkan Sinergi dengan Bank BPD Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *