Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kriminal » DIES NATALIS Ke-6, DPD HAMI Songsong Layanan Digital Hukum

DIES NATALIS Ke-6, DPD HAMI Songsong Layanan Digital Hukum

(476 Views) November 11, 2019 4:55 pm | Published by | No comment
Ketua Umum DPP Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Bersatu, Sunan Kalijaga, SH, didampingi Ketua DPD HAMI Bersatu Bali, Agustinus Nahak, SH, pada acara DIES NATALIS ke 6 DPD HAMI Bersatu Bali yang berlangsung di Paradiso Kuta Hotel, Senin (11/11/2019).

Mangupura (SpotBaliNews) –
Era digital telah ditandai dengan adanya sistem peradilan dengan layanan E-Court yang sudah lebih dulu dikembangkan. Untuk itu, diperlukan sosialisasi dan diseminasi informasi terkait layanan bantuan hukum yang harus mengacu pada kecepatan data dan informasi. Hal itu diungkapkan Ketua Umum DPP Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) Bersatu, Sunan Kalijaga, SH, didampingi Ketua DPD HAMI Bersatu Bali, Agustinus Nahak, SH, di sela-sela acara DIES NATALIS ke 6 DPD HAMI Bersatu Bali yang berlangsung di Paradiso Kuta Hotel, Senin (11/11/2019). Acara ini juga dihadiri Ketua DPD HAMI Bangka Belitung, Yogyakarta, NTB hingga Jawa timur.

“Memasuki era digitalisasi sekarang harus diantisipasi dengan baik semua anggota HAMI Bersatu dengan memahami layanan hukum digital,” ujarnya.

Ditegaskan, HAMI Bersatu harus bisa menjadi suatu wadah advokat yang mengedepankan keberagaman serta harus memiliki kepedulian nyata terhadap masyarakat yang belum memiliki akses terhadap pelayanan hukum dengan mengacu kepada prinsip kesetaraan.

Tema Tantangan Advokat Di Era Artificial Intellegence dipilih, katanya, karena Advokat harus siap menerima tantangan dalam era digitalisasi 4.0.

Hal senada diungkapkan Ketua DPD HAMI Bersatu Bali, Agustinus Nahak. “Advokat sejatinya harus melayani masyarakat dengan hati nurani dan senantiasa membantu proses pelayanan dan bantuan hukum secara maksimal,” ujarnya.

Kata Agustinus, HAMI Bersatu harus punya serta siap memberikan edukasi kepada para advokat untuk memahami tata cara litigasi hukum di pengadilan di masa depan.
“Terutama para advokat tunas mendapat pembekalan tentang layanan hukum digital,” jelas Agustinus.

Pihaknya siap menangani dan melayani setiap permasalahan hukum yang masyarakat hadapi mencakup seluruh permasalahan hukum, serta memberikan dan menjalankan layanan jasa advokat dan konsultan hukumnya selalu didasarkan pada penghargaan atas hak azasi manusia, non diskriminasi, persamaan di depan hukum, full profesionalisme, loyalitas, tidak berbelit-belit dan terukur. “Kami juga bertekad menghadirkan hukum yang jujur bagi semua lapisan masyarakat. Salah ya salah, benar ya benar. Jangan salah dibenarkan lalu yang benar disalahkan,” tegas Agustinus Nahak.

Untuk itu, pihaknya akan berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan dan bantuan hukum yang adil, serta HAMI tetap berkomitmen memberikan bantuan hukum gratis bagi kaum miskin dan marginal.

“HAMI Bersatu tetap komitmen menjalankan visi dan misinya yaitu memberikan bantuan hukum gratis kepada warga miskin dan marginal juga kaum tertindas yang mencari keadilan,” tandas Agustinus.

Dirinya mengingatkan bahwa betapapun hebatnya kemajuan teknologi namun tetaplah semua berpulang kepada manusianya itu sendiri.

Di tempat yang sama, Sekjen DPD HAMI BERSATU Bali, Valerian (Farris) Libert Wangge, SH menggaris bawahi bahwa Wadah ini dipandang telah membawa angin segar bagi penguatan kapasitas dan idealisme para Advokat Muda karena mengusung semangat persatuan Advokat Indonesia tanpa membeda-bedakan asal organisasi yang telah ada sebelumnya.

“Kami juga telah membentuk posko-posko Lembaga Bantuan Hukum LBH HAMI BERSATU di beberapa wilayah di Bali, bahkan kami juga akan memberikan pembekalan Training Jurnalistik kepada para advokat agar lebih memiliki pemahaman dalam menggunakan kaidah dan tata bahasa Indonesia yang baik,” pungkas Farris yang juga Ketua Dewan Penasehat Ikatan Wartawan Online (IWO) Bali.

Acara ini juga diisi dengan Talkshow dengan tema ‘Tantangan Advokat Di Era Artificial Intellegence’ yang dihadiri tokoh-tokoh pengacara di Bali dan NTT serta Rekan-rekan Advokat dari Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) yang di nakhodai oleh Advokat senior I Made Ardana, SH, CIL, CPL. (aya)

Categorised in:

No comment for DIES NATALIS Ke-6, DPD HAMI Songsong Layanan Digital Hukum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *