Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » Gedung BKS LPD Karangasem Diresmikan Bertepatan Purnama Kedasa Berkat Dukungan Berbagai Pihak

Gedung BKS LPD Karangasem Diresmikan Bertepatan Purnama Kedasa Berkat Dukungan Berbagai Pihak

(247 Views) Maret 28, 2021 9:50 am | Published by | No comment
Bertepatan Purnama Kedasa pada Minggu (28/3/2021) dilakukan Upacara Pemlaspasan dan Rsi Gana Gedung Badan Kerja Sama (BKS) Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kabupaten Karangasem.

Amlapura (Spotbalinews) –

Bertepatan Purnama Kedasa pada Minggu (28/3/2021) dilakukan Upacara Pemlaspasan dan Rsi Gana Gedung Badan Kerja Sama (BKS) Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kabupaten Karangasem. Ketua BKS LPD Kabupaten Karangasem, Drs, Made Mastiawan mengatakan, pada BaliBanknews pembangunan gedung ini sudah direncanakan sejak tahun 2016, setelah memiliki lahan BKS LPD Karangsem kemudian membangun gedung yang dibangun mulai tahun 2020. 

Kata dia, sekarang ini pembangunan sudah mampu diselesaikan sesuai harapan. Gedung ini nantinya dapat digunakan sebagai pusat pelatihan LPD se-Kabupaten Karangasem dalam meningkatkan kualitas SDM. Mengingat selama ini, sangat sulit mendapatkan tempat untuk mengadakan pelatihan peningkatan kualitas SDM LPD. “Kita sudah memiliki gedung yang dapat dimanfaatkan sebagai pusat pelatihan LPD se-Kabupaten Karangasem,” katanya.

Ke depan gedung ini bisa dimanfaatkan oleh lembaga-lembaga lain untuk keperluan pertemuan baik koordinasi majelis alit dan madya. “Kita silakan manfaatkan gedung ini untuk kepentingan desa adat khususnya di Kabupaten Karangasem,” ungkapnya.

Mastiawan menyebutkan, biaya pembangunan gedung BKS LPD Karangasem bersumber dari pengembalian dana 5% yang bersumber dari BKS LPD Provinsi Bali yang setiap tahun dikembalikan ke BKS LPD Kabupaten/Kota. Dana ini biasanya digunakan untuk pelatihan dan menyangkut kegiatan BKS. 

Lanjut dia menjelaskan, dana tersebut disisihkan untuk pembangunan gedung BKS LPD Karangasem. Dana pembangunan gedung juga bersumber dari sumbangan LPLPD dan pinjaman lunak dari BKS LPD Bali dan sumbangan sosial dari masing-masing LPD yang setiap tahun disepakati. 

Disamping itu juga dana dari sumbangan karyawan LPD Kabupaten Karangasem yang setiap tahun menyumbang untuk pembangunan gedung ini. Selain itu bantuan CSR dari Bank BPD Bali. “Dana itu kita kumpulkan dan pada akhirnya bisa menyelesaikan pembangunan gedung yang menghabiskan dana Rp 2,2 miliar,” sebutnya.

Ia menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak, sehingga gedung ini dapat terwujud dan dapat meningkatkan kinerja untuk membantu desa adat yang sangat konsen dalam memajukan LPD. 

Ketua BKS LPD Provinsi Bali, I Nyoman Cendikiawan mengatakan kebaradaan gedung baru BKS LPD Karangasem patut diapresiasi yang dapat terwujud karena kekompakan pengurus di kabupaten ini. Kemudian atas restu Tuhan Yang Maha Esa kegiatan peresmian gedung yang baru ini berlangsung lancar. “BKS LPD di Karangasem selamat atas gedung yang sudah mampu dibangun dengan baik,” katanya. 

Pemucuk LPD Adat Tukad Besi, I Ketut Samiada juga mengapresiasi keberadaan gedung BKS LPD Karangasem yang nantinya dapat digunakan oleh LPD di kabupaten ini untuk melakukan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan SDM LPD. “Gedung ini simbol kita di LPD Karangasem boleh dibilang kebanggaan LPD di seluruh Kabupaten Karangasem. Kami optimis LPD semakin maju dan berkembang setelah adanya vaksinasi Covid-19, Astungkara ekonomi berkembang,” harapnya. (Yes)

Categorised in:

No comment for Gedung BKS LPD Karangasem Diresmikan Bertepatan Purnama Kedasa Berkat Dukungan Berbagai Pihak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *