Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » KSP Guna Prima Dana Gelontorkan Sembako Ke-4 dan Serahkan Beasiswa Serangkaian HUT Ke-19 Tahun

KSP Guna Prima Dana Gelontorkan Sembako Ke-4 dan Serahkan Beasiswa Serangkaian HUT Ke-19 Tahun

(195 Views) September 3, 2021 11:10 am | Published by | No comment

Mangupura (Spotbalinews) –
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Guna Prima Dana menggelontorkan sembako ke-4 kali kepada anggota dan menyerahkan beasiswa kepada anak anggota yang berprestasi juara kelas dari SD, SMP dan SMA yang memperoleh ranking satu hingga ranking tiga.

Kegiatan ini berlangsung, Jumat (03/09/2021) di aula pertemuan Kantor Pusat KSP Guna Prima Dana di Jl. Raya Uluwatu No.333 Ungasan Kabupaten Badung. Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Made Widiana, S.Sos., M.Si., jajaran Pengurus, Pengawas, Manajer Utama KSP Guna Prima Dana dan anggota beserta anak didiknya penerima beasiswa.

Ketua Pengurus KSP Guna Prima Dana, Drs. I Wayan Teja mengungkapkan, anak-anak anggota yang berprestasi dibidang akademik di sekolah tingkat SD sampai SMA diserahkan beasiswa prestasi dari juara 1 sampai juara 3 di Kelas tahun ajaran 2020-2021. Kegiatan ini juga serangkaian HUT ke-19 KSP Guna Prima Dana (GPD). Membagikan sembako kepada anggota terdiri dari 20 kg beras, minyak goreng dan gula pasir, sehingga diharapkan dapat meringankan beban anggota di tengah pandemi.

“Mudah-mudahan bermanfaat bagi anggota kita semua. Ini merupakan yang ke-4 kalinya dan beasiswa sudah delapan kali dibagikan. Ini merupakan usulan dan manfaatnya dirasakan sangat baik bagi anggota,” ucapnya.
Manajer Utama KSP Guna Prima Dana, I Wayan Suyatna mengungkapkan, beasiswa yang diserahkan ini merupakan program kerja tahunan dari KSP Guna Prima Dana, sedangkan pembagian sembako sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.

“KSP GPD menggelontorkan beasiswa tahun 2020-2021 kepada 37 siswa, terdiri dari siswa SD sebanyak 26 orang, SMP 10 orang dan SMA sebanyak 1 orang, dengan total nilai Rp 12,5 juta yang diambil dari dana pendidikan,” ucapnya.
Sedangkan beras yang diserahkan kepada anggota mencapai 14,7 ton yang dipasaok dari usaha beras anggota KSP GPD dengan jumlah anggota saat ini mencapai 716 orang anggota. “pemberian beras serangkaian HUT ke-19 KSP GPD yang jatuh pada tanggal 9 September 2021 nanti. Kita rayakan secara sederhana dengan pemotongan tumpeng,” ucapnya.

Sebagai satu-satunya koperasi penyalur KUR di bali, diakui Suyatna sampai saat ini penyaluran KUR mencapai Rp 30 miliar dan tinggal Rp 3 miliar plafon KUR yang disalurkan hingga akhir tahun 2021. KSP GPD pada tahun 2021 memiliki plafon KUR mencapai Rp 15 miliar, tahun 2020 plafon Rp 10 miliar dan tahun 2019 plafon Rp 8,5 miliar. Sedangkan dana LPDB plafonnya sudah tersalurkan sebesar Rp 10 miliar dan saat ini masih proses top up dana LPDB sebesar Rp 5 miliar

“Dimasa pandemi kita fokus ke kredit program. Sasaran penyaluran pinjaman ke anggota yang usaha yang masih berjalan. Di masa masa pandemi covid-19, KSP GPD berkembang positif dimana hingga Juli 2021 beraset Rp 183,7 miliar, naik Rp 5 miliar dibanding Desember 2020 aset Rp 178,4 miliar. Itu mencerminkan masih tingginya kepercayaan anggota. SHU hingga bulan Juli di posisi Rp 320 juta,” ujarnya.
Suyatna mengatakan SHU bukan menjadi point utama, namun KSP GPD ingin menularkan nilai-nilai koperasi kepada anggota, yakni dari, oleh dan untuk anggota. Dimana anggota merasakan manfaat menjadi anggota KSP GPD, salah satunya dengan memberikan pinjaman berbunga murah yakni KUR, LPD dan juga pinjaman multiguna. “KSP GPD ada tiga skim pinjaman yakni KUR berbunga 3 persen per tahun, dana LPDB berbunga 9,6 persen per tahun menurun dan pinjaman multiguna 12 persen per tahun menurun,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Made Widiana, S.Sos., M.Si., menyambut baik kegiatan pemberian beasiswa dan sembako ini,apalagi ditengah masa pandemic covid-19. Dengan kegiatan ini dirasakan bisa menumbuhkan rasa kepedulian, tahu dan rasa ikut memiliki KSP Guna Prima Dana.

Ia berharap kedepan yang berprestasi bisa memberikan kontribusi nantinya kepada KSP Guna Prima Dana. Menumbuhkan fanatisme terhadap KSP Guna Prima Dana. “KSP GPD satu-satunya penyalur KUR di Bali dan juga penyalur dana LPDB. Koperasi ini sudah sangat luar biasa, sehingga bias menjadi contoh bagi koperasi lain di kabupaten badung khususnya dan Bali pada umumnya,” pungkasnya. (Ist)

Categorised in:

No comment for KSP Guna Prima Dana Gelontorkan Sembako Ke-4 dan Serahkan Beasiswa Serangkaian HUT Ke-19 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *