Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » LPD Adat Sekardadi Komit Jaga Kepercayaan Krama

LPD Adat Sekardadi Komit Jaga Kepercayaan Krama

(226 Views) September 22, 2020 3:47 am | Published by | No comment
Pemucuk LPD Adat Sekardadi, I Wayan Dana

Bangli (Spotbalinews) –

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Sekardadi yang berada di Kabupten Bangli hingga saat ini belum merasakan dampak pandemi Covid-19. Pasalnya, sebagian besar Krama adat yang bekerja sebagai petani ini masih menghasilkan pendapatan yang mampu menyokong pencapaian LPD di masa Covid-19. Hal ini diakui Pemucuk LPD Adat Sekardadi, I Wayan Dana, Senin (21/9).

Menurut dia, aset dan laba LPD Adat Sekardadi masih tetap bertahan, tidak mengalami penurunan karena imbas Covid-19. Begitupun perekonomian Krama/masyarakat adat setempat, belum terkena imbas wabah global ini karena sektor pertanian masih terus berjalan. 

“Selama pandemi Covid-19 dari sisi ekonomi belum dirasakan Krama. Tapi dari LPD sudah mencanangkan bantuan sembako. Kami sudah menyiapkan dana untuk bantuan-bantuan bagi Krama namun saat ini belum disalurkan karena masyarakat adat Sekardadi masih belum memerlukan,” katanya. 

Kata dia, dari diskusi-diskusi dengan Bendesa Adat Sekardadi, saat ini masyarakat belum memerlukan bantuan sembako. “Makanya kami menunggu sampai dibutuhkan. Dana bantuan ini sudah kami siapkan. Karena bantuan masih banyak dari berbagai pihak, LPD akan membantu dengan dana sosial saat diperlukan,” ucap Dana. 

Ia menyebutkan, aset LPD Sekardadi tahun ini tidak mengalami penurunan melainkan terjadi sedikit kenaikan. Dimana tahun 2019 lalu aset tercatat Rp 35 miliar, sekarang masih tetap diangka Rp 35 miliar lebih. 

Dana menargetkan pencapaian laba tahun ini sebesar Rp 1 miliar. Sekarang sudah terealisasi Rp 500 juta. “Karena situasi Covid-19, sebagian nasabah ada yang meminta kelonggaran waktu pembayaran kredit. Sehingga mempengaruhi laba. Tapi Covid-19 tidak banyak terpengaruh,” sebut Dana. 

Ditengah pandemi ini dirinya berharap, masyarakat lebih menghemat uang, jangan terlalu ceroboh mengeluarkan dana. Jika ada dana lebih baik ditabung karena, belum tahu kondisi pandemi ini sampai kapan akan berakhir. 

Sebagai Pemucuk LPD Sekardadi, Dana berterima kasih kepada Krama yang telah mendukung LPD dari segi kepercayaan dan dana. Sebab, dukungan dari masyarakat yang telah memotivasi kinerja LPD. 

“Kepada Krama, yang kami lakukan adalah menjaga kepercayaan. Tapi untuk meningkatkan kemajuan LPD sudah banyak hal yang saya lakukan. Baik berupa membatu Krama dari dana sosial seperti jika ada upacara adat disisihkan dari dana sosial,” imbuhnya. 

Hal ini yang membuat Krama sangat percaya dengan LPD mengingat manfaatnya sudah dirasakan masyarakat. Terutama sejak berdirinya LPD yang fokus memberikan manfaat ke Krama. Pihaknya membuat kebijakan yang betul-betul bisa dirasakan Krama. “Saya selalu mensosialisasikan itu tentang pentingnya Krama menabung di LPD karena disamping milik Krama, LPD juga lembaga keuangan yang paling dekat dengan Krama. Kemudahan-kemudahan dan keunggulan LPD sudah jelas untuk menabung saja administrasi tidak ada dibanding lembaga keuangan lainnya. Saya juga sekali-sekali memberikan hadiah sebagai motivasi,” beber Dana. 

Sementara itu salah seorang Krama mengaku sudah 20 tahun mempercayakan dananya dikelola LPD Sekardadi. “Karena LPD milik desa adat makanya saya percaya menaruh uang di LPD. Harapan LPD supaya maju,” ucap Wayan Artini. (Yes)


Salah seorang nasabah bernama Ni Wayan Artini
Categorised in:

No comment for LPD Adat Sekardadi Komit Jaga Kepercayaan Krama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *