Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » LPD Adat Sibetan Luncurkan ATM dan Gerai Pintar

LPD Adat Sibetan Luncurkan ATM dan Gerai Pintar

(58 Views) Oktober 3, 2020 7:56 am | Published by | No comment
Fasilitas layanan ini diluncurkan pada Sabtu, 3/10/2020 di LPD setempat

Amlapura (Spotbalinews) –

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Sibetan yang berada di Kabupaten Karangasem tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, lembaga milik desa adat ini telah mampu memberikan kemudahan kepada Krama/warga desa adat setempat dengan menghadirkan layanan anjungan tunai mandiri (ATM) dan Gerai Pintar. Fasilitas layanan ini diluncurkan pada Sabtu, 3/10/2020 di LPD setempat yang dihadiri I Wayan Gredeg, SH selaku Saba Desa Adat Sibetan yang juga Tokoh Masyarakat Sibetan (mantan Bupati Karangasem), I Drs. Md Mastiawan, selaku Pemucuk LPD Sibetan yang juga sebagai Ketua Badan Kerja Sama (BKS) LPD Kabupaten Karangasem danKelian Desa Adat yang juga Bendesa Adat Sibetan, I Wayan Subadra serta Koordinator LPLPD Kabupaten Karangasem I Nyoman Sedana Ariana.

Selaku Pemucuk LPD Adat Sibetan, Mastiawan mengungkapkan hingga Agustus 2020 laba LPD Sibetan sebesar Rp 2,4 miliar. Aset LPD Desember 2019 posisi di Rp 158 miliar dan sekarang ini penyaluran kredit senilai lebih dari Rp 98 miliar. “Dana likuiditas kita hingga saat ini mencapai 44% dengan tingginya dana likuiditas maka akan berimbas tehadap laba LPD,” katanya.

Terkait kondisi sekarang ini yang masih dihadapkan pada pelemahan ekonomi karena dampak penyebaran virus Corona (Covid-19) di Bali, LPD Sibetan memberikan penundaan pembayaran pokok kredit tanpa pembayaran pinalti ataupun hanya membayar bunga saja.

“Selain memberikan keringanan pembayaran kredit, kita di LPD Sibetan juga sudah membagikan 1500 hingga 2000 paket sembako pada Krama. Bahkan kita juga memberikan paket sembako serta penyemprotan disinfektan pada masyarakat Sibetan yang kena wabah Covid-19,” jelasnya. 

Di era pandemi ini pihaknya juga memberikan kemudahan bertransaksi kepada Krama untuk mengurangi aktivitas di kantor LPD guna menghindari semakin meluasnya penyebaran Covid-19 yakni melalui LPD Mobile. “Dengan memanfaatkan layanan digital ini atau LPD Mobile, nasabah sudah bisa cek saldo dan fitur lainnya melalui ponsel pintar yang dimiliki Krama,” ungkap Mastiawan.

Kata dia LPD Mobile sudah berjalan 6 bulan, sekarang ini layanan terbaru adalah ATM LPD. “Tentu memudahkan masyarakat bertransaksi lewat LPD Mobile termasuk juga ATM untuk memudahkan masyarakat menarik uang jika kantor tutup. Banyak hal-hal yang bisa dimanfaatkan misalnya pembayaran listrik, BPJS dan lainnya. Ini sangat bermanfaat agar masyarakat bisa bertransaksi di rumah. ATM hanya bisa tarik tunai dan cek saldo tabungan. Masyarakat sudah banyak yang memanfaatkan LPD Mobile karena bisa transfer antar bank lain,” bebernya.  

I Wayan Gredeg, SH selaku Saba Desa Adat Sibetan menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja dan inovasi layanan LPD. 

“Kami dari Saba Desa Sibetan tetap memberikan pengawasan yang baik terutama masalah pengunaan dana, layanan kepada masyarakat dan pengembangan ke depan,” katanya.

Ia berharap LPD semakin optimal memberikan layanan dari sisi kepentingan masyarakat Desa Adat Sibetan terutama di sektor peternakan dan pertanian serta layanan umum lainnya. 

“Saya kira ini sudah berjalan baik. Kami berterima kasih pada jajaran pengurus LPD. Di Sibetan saya kira cukup baik dan ekonomi masyarakat masih bisa berjalan,” imbuh Gredeg. (Yes)

Categorised in:

No comment for LPD Adat Sibetan Luncurkan ATM dan Gerai Pintar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *