Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » LPD Tunjuk Gelar LPJ Tahun Buku 2019 dengan Aset Rp 34 Miliar

LPD Tunjuk Gelar LPJ Tahun Buku 2019 dengan Aset Rp 34 Miliar

(640 Views) Januari 27, 2020 6:08 am | Published by | No comment
LPD Desa Adat Tunjuk yang ada di Kecamatan Tabanan ini telah sukses melaksanakan LPJ tahun buku 2019.

Tabanan (Spotbalinews) –

Sebagai Lembaga Adat milik Desa adat menjadi kewajiban melaporkan terkait perkembangan dana yang di kelola. Hal ini juga sesuai dengan isi Perda LPD tahun 2017 di mana setiap Lembaga Perkreditan Desa (LPD) wajib melaksanakan LPJ setiap tahunnya paling lambat bulan Maret, seperti halnya LPD Desa Adat Tunjuk yang ada di Kecamatan Tabanan ini telah sukses melaksanakan LPJ tahun buku 2019.

Asetnya berkembang positif, yakni mencapai Rp 34 miliar, meningkat 19% di bandingkan tahun 2018 yang mencapai Rp 29 miliar, hal itu terungkap di Bale Adat Tunjuk pada hari Jumat, 24/1/2020

Pemucuk LPd Tunjuk, I Wayan Wintanaya, SE, mengungkapkan dalam acara LPJ tahun 2019 pihaknya menyiapkan banyak Doorprize secara langsung pada masyarakat yang hadir dalam acara berupa sokasi, payung, baju, kamen dengan jumlah 100 buah Doorprize.

Pemucuk LPd Tunjuk, I Wayan Wintanaya, SE (pakaian safari) menyerahkan Doorprize kepada salah seorang pemenang

Kemudian hadiah yang diundi ada lima dengan hadiah utama satu unit sepeda motor Honda Beat diberikan sebagai bentuk apresiasinya selaku lembaga Adat atas pertisipasi serta kepercayaan masyarakat Tunjuk yang selama ini sudah memanfaatkan program-program di LPD.

Wintanaya menambahkan untuk perkembangan aset LPD tunjuk tahun 2018 mencapai Rp 29 miliar sedangkan tahun 2019 naik menjadi aset Rp 34 miliar naik 19%, sedangkan laba LPd tahun 2018 Rp 720 juta sedangkan tahun 2019 naik menjadi Rp 852 juta alami kenaikan 18% sedangakan dana pembangunan yang kita serahkan 20% dari laba LPd ke desa adat tahun 2019 Rp 170 juta niak di bandingkan tahun 2018 Rp 140 juta dana tersebut pakai sepenuhnya kita serahkan ke desa adat untuk kepentingan Adat.

“Di sisi lain di luar dana pembangunan kita juga berikan ke krama tunjuk berupa dana duka setiap masyarakat tunjuk yang meninggal sebesar Rp 350 000, kita juga memberikan Punia kekayangan adat Rp 100 juta pertahun 2019 di pura kayangan tiga ini naik di bandingkan tahun 2018 mencapai Rp 70 juta yang terdiri dari 7 pura kayangan adat, sehingga ke depanya seiring kepercayaan masyarakat maka di tahun 2020 kita akan berencana akan membagikan pakaian atau Wastra kepada para pemangku di kayangan adat terdiri dari 9 mangku lanang dan istri,” jelasnya.

Sementara di tahun 2021 pihaknya berencana akan memberikan subsidi pada acara pelaksanaan ngaben masal nanti kita akan bantu dalam hal dana subsidi ngaben tergantung jumlah Sawa pada tahun 2021 kira kira kita perkirakan kita bisa membantu Rp 1,5 sampai Rp 2 juta persawa dan program ini bertujuan dukungan LPd pada masyarakat yang melaksankan Yadnya dan rencana sudah kita di ketahui masyarakat dan Krama mendukung. “Untuk itu kita berharap pada masyarakat Tunjuk kita berharap dukungan selruh masyarakat sehingga rencana kita ngaben masal bisa terwujud,” tandasnya.

Sementara itu, I Made Nawa, SH, selaku bendesa adat Tunjuk, menambhkan sangat mengapresiasi positip atas semua pencapian serta kinerja pengurus LPD Tunjuk di tahun 2019 dan kita selaku Bendesa adat juga mengucpakan terimaksih atas sebegitu besarnya kontribusi LPd yang kita adat sangat merasakan terutama terkait memberikan subsidi setiap ada piodlan di pura kayangan Adat di mana saat ini terus naik tahun 2019 saja 100 juta LPd berikan ke adat oleh karena itu kita berharap pada selruh masyarakat tunjuk agar tetap memberikan dukungan serta kepercyaan pada LPd, apalgi di tahun 2021 kita desa adat akan berencana melaksanakan ngaben masal di tunjuk apalgi dukungan LPd sudah pasti dengan dana, masyarakat tidak perlu ragu dan takut memanpatkan semua program program di LPd karena kehadiran LPd di desa adat sangat begitu besar kontribusi nya dan kita Bendesa adat akan mendukung secara penuh setiap kebijkan LPd tandasnya.

Di sisi lain, I Made Toni, selaku salah satu staf LPLPd Kabupaten Tabanan, menamabhkan sangat menyambut baik atas pelaksanaan LPJ LPd tahun buku 2019 sudah bisa di laksanakan tepat waktu dan dari segi aset LPd tunjuk menduduki peringkat ke 2 LPd terbaik di Kecamatan Tabanan dari 14 LPd yang ada. (Yes)

Categorised in:

No comment for LPD Tunjuk Gelar LPJ Tahun Buku 2019 dengan Aset Rp 34 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *