Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » LPJ Tahun Buku 2020 LPD Delodyeh Catatkan Pertumbuhan Kinerja sekaligus Dirangkai HUT Ke-12

LPJ Tahun Buku 2020 LPD Delodyeh Catatkan Pertumbuhan Kinerja sekaligus Dirangkai HUT Ke-12

(295 Views) Januari 5, 2021 10:16 am | Published by | No comment
Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Delodyeh tetap mampu menorehkan mencapaian yang positif. Hingga akhir Desember 2020 pencapaian aset LPD Delodyeh mencapai Rp 14 miliar lebih. Angka ini telah melampaui rencana target di tahun 2019.

Amlapura (Spotbalinews) –

Meskipun masih dalam kondisi Covid-19, mengakhiri tahun 2020 Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Delodyeh tetap mampu menorehkan mencapaian yang positif. Pasalnya, hingga akhir Desember 2020 pencapaian aset LPD Delodyeh telah mencapai Rp 14 miliar lebih. Angka ini telah melampaui rencana target di tahun 2019. 

Demikian terungkap saat LPD Desa Adat Delodyeh melaksanakan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus kepada Prajuru Desa yang dirangkai dengan HUT LPD Delodyeh ke-12, Jumat (01/1/2021).

Pemucuk LPD Delodyeh, I Gusti Ayu Putri, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan acara yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Mengingat saat ini di masa pandemi kita laksanakan secara intern saja tanpa melibatkan banyak masyarakat. Kita hanya  mengundang Prajuru Desa, Dinas serta perwakilan di setiap banjar,” terangnya.

Lebih lanjut Putri mengatakan, LPJ ini sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus LPD Delodyeh selama 1 tahun buku. Disamping juga sebagai ajang promosi LPD terhadap masyarakat Delodyeh yang selama ini telah mempercayakan dananya ditempatkan di LPD.

Kata dia, di masa pandemi Covid-19 LPD Delodyeh telah mampu memberikan kontribusi secara langsung baik itu ke desa adat lewat dana pembangunan sebesar 20% maupun organisasi yang ada di Desa Adat Delodyeh. “Pada LPJ kita tahun 2020 ini memberikan perhatian dalam bentuk dana partisipasi kepada para Pemangku Desa Adat, para Pecalang, Prajuru Adat dan Dinas yang mana total dana partisipasi yang kita berikan sebesar Rp 10 juta ini kita berikan sebagai bentuk perhatian LPD di masa pandemi,” ucap Putri.

Ia menyebutkan, di sisi perkembangan aset LPD mana tahun 2019 aset mencapai Rp 12,7 miliar. Sedangkan di akhir tahun 2020 mengalami pertumbuhan, aset LPD mencapai Rp 14,076 miliar atau tumbuh 1,10%. Sementara tabungan tercatat naik 11,32%, hingga Desember 2020 tabungan mencapai Rp 8,589 miliar. 

Selanjutnya untuk kredit yang tersalur ke Krama Delodyeh mencapai Rp 9,163 miliar atau tumbuh 0,9%. Deposito mencapai Rp 4,283 miliar atau tumbuh 1,02%. “Sedangkan laba yang kita peroleh di masa pandemi Astungkara bisa kita capai sesuai dengan rencana kerja sebesar Rp 211,5 juta,” sebutnya. 

Sedangkan dana pembangunan yang diserahkan ke desa adat kepada Bendesa Adat Delodyeh tahun 2020 mencapai Rp 42,311 juta. “Apa yang sudah bisa kita capai di LPD Delodyeh di masa pandemi tidak terlepas dari peran badan pengawas khususnya bendesa adat yang banyak memberikan kita motivasi dan juga semangat dalam hal bekerja di LPD,” jelasnya.

Disamping itu dikatakan Putri, kerja keras para pegawai LPD selama tahun 2020 ini berperan dalam pencapaian kinerja yang positif. Selaku pengurus LPD ia mengucapkan terimakasih pada seluruh masyarakat Delodyeh atas kepercayaan dan partisipasi selama ini di LPD.

Sementara itu, Jro Mangku Nengah Nurya, selaku Bendesa Desa Adat Delodyeh sangat mengapresiasi atas kinerja para pengurus LPD di masa pandemi Covid-19. Pasalnya telah mampu tetap tumbuh serta berkembang dalam hal memberikan kontribusi ke desa adat maupun masyarakat Delodyeh.

“Kita berharap kepada para pengurus LPD agar tetap mempertahankan kinerja yang sudah positif di tahun 2021. Di sisi lain kepada seluruh Krama Delodyeh yang ada di 3 banjar adat dengan 232 kepala keluarga (KK) agar tetap memberikan kepercayaan penuh pada pengelolaan dana masyarakat tetap di LPD Delodyeh,” katanya.

Selaku bendesa adat akan tetap mendukung penuh setiap kebijakan yang dilakukan LPD demi kemajuan LPD. Semoga di HUT LPD yang ke-12 ini LPD Delodyeh semakin maju, berkembang serta tetap dipercaya Krama Delodyeh  pungkasnya. Perayaan HUT LPD kali ini ditandai dengan pemotongan tumpeng. (Yes)

Categorised in:

No comment for LPJ Tahun Buku 2020 LPD Delodyeh Catatkan Pertumbuhan Kinerja sekaligus Dirangkai HUT Ke-12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *