Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Teknologi » PLN UID Bali Jadi Tujuan Studi Pengelolaan Sistem Tenaga Listrik hingga UMKM

PLN UID Bali Jadi Tujuan Studi Pengelolaan Sistem Tenaga Listrik hingga UMKM

(258 Views) Oktober 25, 2019 12:49 pm | Published by | No comment
PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali menerima kunjungan dari peserta e-Asia Joint Research Project.

Denpasar (SpotBaliNews) –
PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali menerima kunjungan dari peserta e-Asia Joint Research Project. Dalam kunjungan yang dilakukan di PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Bali, General Manager PLN UID Bali Nyoman Suwarjoni Astawa, Kamis (24/10/2019) menyampaikan, teknologi sistem otomasi pada sistem distribusi kelistrikan yang diimplementasikan pada kawasan ITDC Nusa Dua, kawasan Nusa Dua dan Jimbaran, kawasan Kuta dan kawasan Denpasar. “Sistem Otomasi ini mampu mendeteksi dan melokalisir daerah terganggu dan langsung me-Recovery daerah yang tidak terganggu dengan sangat cepat tanpa tindakan manual dari operator, sehingga pelanggan terdampak padam menjadi lebih sedikit,” jelas Astawa. Selain itu, peserta juga berdiskusi mengenai jaringan listrik di Bali termasuk dengan tantangan dalam pengoperasian pembangkit energi baru terbarukan yang rentan dalam jaringan listrik.

Salah satu peserta ICESTI Professor Yosuke Nakanishi, Ph.D (Waseda University) mempresentasikan Introduction of e-Asia JRP and Concepts of Cluster type Micro-Grid and Optimization Platform. Pada kunjungan ini, PLN dan peserta melakukan diskusi mengenai potensi perbaikan dalam sistem jaringan distribusi yang dapat dilakukan di Bali.

Rombongan e-Asia Joint Research Project kemudian melanjutkan perjalanannya mengunjungi salah satu pembangkit Renewable Energy, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kayubihi di Kabupaten Bangli.
Pada hari yang sama, Rumah Kreatif BUMN Denpasar binaan PLN UID Bali mendapat kunjungan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi Alief Rachman Kartiono mengatakan, ada banyak terobosan – terobosan positif yang telah dilakukan oleh RKB Denpasar untuk memajukan pelaku usaha mikro masyakarat lokal. Alief berharap apa yang dilakukan di RKB Denpasar ini juga dapat membantu peningkatan dukungan Usaha Mikro di Kabupaten Banyuwangi. (red)

Categorised in:

No comment for PLN UID Bali Jadi Tujuan Studi Pengelolaan Sistem Tenaga Listrik hingga UMKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *