Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Lifestyle » Program Ngaben Masal Gratis di Desa Adat Kebon Berjalan Sukses, Sinergitas LPD dan Desa Adat

Program Ngaben Masal Gratis di Desa Adat Kebon Berjalan Sukses, Sinergitas LPD dan Desa Adat

(992 Views) Agustus 1, 2021 12:51 am | Published by | No comment

Bangli (Spotbalinews) –

Program ngaben masal gratis di Desa Adat Kebon berjalan dengan sukses hal tersebut berjalan berkat sinergitas LPD, Desa Adat serta krama Kebon.

Pemucuk LPD Desa Adat Kebon, I Ketut Tindih di dampingi, I Wayan Jaman selaku Bendesa Adat Kebon ketika di temui BaliBanknews Sabtu (31/7/2021) di kantor LPD setempat
mengungkapkan, uji coba program ngaben masal gratis sinergi antara LPD dengan Desa Adat Kebon berjalan dengan sukses.

“Dari lima tahun yang lalu kita rencanakan ngaben masal gratis ini. Ternyata apa yang kita rencankan bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakan Tindih, dengan suksesnya program ngaben ini, tentu krama semakin percaya terhadap LPD bahwa dengan seratus Kg beras atau satu juta Rupiah sudah bisa ikut ngaben masal dari ngaben sampai melinggih. “Sawa ngaben kemarin ada 15 sawa. Dari segi biaya kita lebih hemat kita saling bergotong royong dalam pelaksanaan ngaben masal ini,” ujarnya.

Tindih mengatakan, kegiatan ngaben masal ini akan terus dievaluasi dimana nantinya ngaben masal bisa secara keseluruhan disubidi dari LPD. “Program ini sinergitas LPD dengan desa adat dengan adanya dana abadi. Dimana ada pararem juga yang mengatur tentang ngaben ini,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, dengan adanya ngaben masala ini lebih meringankan beban krama. Sebab, lebih irit dari segi biaya dan dikerjakan bersama-sama. “Ngaben ini menjadi momok bagi krama dengan biaya tinggi. Namun, dengan adanya dana ngaben krama per KK kena seratus Kg beras atau Rp 1 juta sudah bisa ikut ngaben sampai melinggihang,” ujarnya.

Program LPD Kebon kedepan ada kegiatan upacara yang bersifat masal juga nanti dibutuhkan edukasi ke masyarakat. Sinergitas LPD dengan Desa Adat Kebon juga terus dilakukan. LPD sebagai tempat dana upacara sedangkan desa adat memberikan edukasi ke masyarakat untuk bisa mengikuti program LPD Kebon.

“Program ngaben sudah dirancang dengan matang. Program lainnya juga harus dirancang dengan matang. Respon krama dengan adanya ngaben masal ini sangat positif,” ujarnya.

Tindih mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mensukseskan program ngaben masal ini, sehingga program ini bisa terus berjalan saat ini dan kedepannya.

Untuk pelaksanaan Ngaben masal sendiri yang berada di Banjar Kebon Desa Sulahan Kecamatan Susut Kabupaten Bangli sudah di laksanakan pada tanggal 29/7/2021 sedangkan upacara Atma wedana atau upacara pengeroras akan dilaksanakan pada tanggal 10/8/2021.
Dalam kegiatan ngaben masal ini, panitia dan masyarakat menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. (yess)

Categorised in:

No comment for Program Ngaben Masal Gratis di Desa Adat Kebon Berjalan Sukses, Sinergitas LPD dan Desa Adat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *