Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perbankan » RAT KSP Kopdit Kubu Bingin Ke- 22 tetap Exsis di tengah Pandemi

RAT KSP Kopdit Kubu Bingin Ke- 22 tetap Exsis di tengah Pandemi

(503 Views) Februari 21, 2021 10:10 am | Published by | No comment
Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Kubu Bingin Bali gelar Rapat pembuatan kesimpulan atas RAT ke 22 Tahun Buku 2020 di kantor pusat Jalan Ir Sutami, Banjar Tengkulak Mas, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Minggu (21/2).

Gianyar (Spotbalinews) –

Koperasi Simpan Pinjam Kopdit Kubu Bingin Bali gelar Rapat pembuatan kesimpulan atas RAT ke 22 Tahun Buku 2020 di kantor pusat Jalan Ir Sutami, Banjar Tengkulak Mas, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Minggu (21/2).

Ketua Pengurus KSP Kopdit Kubu Bingin Bali I Nyoman Arjawa SSn menjelaskan, KSP Kopdit Kubu Bingin tetap eksis dalam situasi pandemi Covid-19. “Selama setahun kita berjuang bekerja keras untuk merealisasikan rencana kerja yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Namun tak dipungkiri, musibah pandemi Covid-19 berdampak pada perolehan Sisa Hasil Usaha (SHU). “Banyak hal terjadi di luar prediksi, sehingga perolehan SHU tidak bisa mencapai sesuai target yang kita harapkan,” ungkapnya.

Ketua Pengurus KSP Kopdit Kubu Bingin Bali I Nyoman Arjawa SSn

Dijelaskan, KSP Kopdit Kubu Bingin Bali yang sudah berdiri sejak 22 tahun silam pada Tahun 1998, memiliki kantor pusat di Desa Kemenuh dan 4 kantor cabang yakni kantor cabang Batubulan, Tegallalang, Klungkung dan Karangasem dengan jumlah anggota 2.591 orang.

Aset Koperasi Tahun 2020 sebanyak Rp 20.554.480.510. Perolehan SHU Tahun buku 2020 sebesar Rp 205.073.833 atau sekitar 38,86%. Kita di koperasi ada dana suka dan duka bagi anggota kita yang mengalami kedukaan di mana tahun 2020 dana yang sudah kita salurkan sebesar Rp 84 Juta ini kita ambil dari pendapatan SHU “Pada tahun 2020, kita juga sudah menyelesaikan pembangunan gedung serba guna dengan biaya Rp 864.047.054. Lantai atas untuk ruang rapat, lantai bawah untuk kios-kios yang kita sewakan pada anggota yang mau buka usaha,” jelas Nyoman Arjawa.

Pada masa pandemi Covid-19, KSP Kopdit Kubu Bingin juga menyiapkan 50 paket sembako bagi anggota yang terkonfirmasi Covid-19. “Pada masa pandemi ini, kami juga menurunkan simpanan wajib. Yang semula Rp 50.000, menjadi Rp 25.000,” terangnya.

Walaupun SHU tidak memenuhi target 100%, Nyoman Arjawa tetap bersyukur dan mengapresiasi kinerja manajemen pengurus dan pengawas. “Semua bisa berjalan baik, berkat bimbingan, koordinasi dan dukungan yang baik dari Dinas Koperasi dan UMKM Bali, Dinas Koperasi Gianyar, serta tidak lepas dari peran Puskopdit Bali Artha Guna, juga dedikasi partisipasi anggota Kopdit Kubu Bingin.

Ditambabkan, Kopdit Kubu Bingin juga memberikan restrukturisasi kredit bagi anggota yang terdampak pandemi. “Jadi bisa perpanjang waktu pinjaman,” jelasnya. Bahkan Kopdit Kubu Bingin tetap membuka keran kredit bagi anggota yang tetap berusaha di masa sulit. “Anggota yang membutuhkan modal pinjaman kami berikan. Tapi selektif. Prioritas bagi yang berusaha di sektor perdagangan,” terangnya.

Yang tak kalah menarik dari Kopdit Kubu Bingin Bali ini adalah program dana sosial. Terdiri dari dana sosial pendidikan, dana sosial suka untuk acara pernikahan dan melahirkan, serta dana sosial duka. Dana sosial duka terdiri dari dana solidaritas duka meninggal dunia. Diberikan sesuai dengan masa keanggotaan. Mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta. Kopdit Kubu Bingin juga memberikan dana sosial bagi anggota yang menjalani perawatan di rumah sakit, kecelakaan diri, operasi kecil dan operasi besar.

Untuk diketahui beberapa produk simpanan memiliki sebutan unik. Diantaranya, Sibuhar (simpanan bunga harian), Sisuka (simpanan sukarela berjangka), Sipensi (simpanan pensiun), Sita (simpanan wisata), Sisipan (simpanan siswa mapan), Simpel (simpanan pelajar). Kopdit Kubu Bingin Bali, telah melayani masyarakat sejak tanggal 23 Oktober 1998. Pada awal pendiriannya, hanya memiliki 24 anggota terdiri dari pelukis dan pemerhati seni khususnya di Bali. Dalam perkembangannya, Kopdit Kubu Bingin memiliki ribuan orang anggota yang tidak lagu berasal dari Seniman. Melainkan sudah melayani seluruh golongan masyarakat.(yes)

Categorised in:

No comment for RAT KSP Kopdit Kubu Bingin Ke- 22 tetap Exsis di tengah Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *