Stikom
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Lifestyle » Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali Juarai Kompetisi Aerobik Tingkat ASEAN

Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali Juarai Kompetisi Aerobik Tingkat ASEAN

(147 Views) November 2, 2021 10:42 am | Published by | No comment

Denpasar (Spotbalinews) –

Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali keluar sebagai Juara I dan menjadi Juara Favorit dalam ajang ASEAN Fun Aerobic Dance Competition. Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali merupakan garapan I Gusti Ngurah Made Sinar Darma Yasa (Ngurah Sinar), seorang PNS Pemprov Bali yang saat ini bertugas di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). Kabar menggembirakan ini disampaikan Ngurah Sinar saat ditemui di kantornya bersama Kepala BPSDM Bali I Gede Darmawa, Selasa (2/11/2021).

Ngurah Sinar menuturkan, keikutsertaan timnya dalam kompetisi ini bermula dari pengumuman dari Kementerian Kesehatan RI yang disebarkan melalui media online. Pengumuman ini menginformasikan bahwa Kemenkes RI menggelar kompetisi aerobik yang terbuka untuk peserta dari seluruh negara anggota ASEAN dan diselenggarakan secara online melalui pengiriman video. “Rekan-rekan tim saya dari Karangasem sangat antusias mengikuti lomba ini,” ucapnya. Setelah mencermati persyaratan, secara kebetulan semua konsep dalam Senam Nangun Sat Kethi Loka Bali memenuhi kriteria yang ditentukan panitia penyelenggara. Oleh sebab itu, dalam mengikuti lomba ini, Ngurah Sinar hanya melakukan transformasi terhadap Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali agar lebih bisa diterima oleh masyarakat negera ASEAN. “Gerakannya sama sekali tak ada yang diubah, hanya ada tambahan gerakan di awal karena berkaitan dengan persyaratan durasi waktu,” tuturnya. Transformasi juga diterapkan pada musik pengiring, dimana pada gerakan 2 dan 4, Ngurah Sinar hanya menggunakan instrumen. “Agar lebih mudah diterima secara internasional, namanya juga kami modifikasi menjadi Aerobic Sat Kerthi For All, “ tambahnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, tim senam bernama PDKT SQUAD yang dikoordinirnya melewati proses yang cukup panjang dalam mengikuti kompetisi ini. Ia mengaku bersyukur dan bangga karena pada pengumuman panitia tanggal 30 Oktober 2021, Aerobic Sat Kerthi For All meraih Juara I. Yang lebih membanggakan, senam ini juga menyabet juara favorit karena memperoleh like terbanyak saat diunggah pihak panitia melalui youtube.

Terkait dengan capaian ini, secara khusus ia menyampaikan terima kasih kepada Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster yang merupakan sosok penggagas terciptanya Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada Kepala BPSDM Bali Gede Darmawa dan Kalaksa BPBD Bali I Made Rentin yang memberi dukungan penuh terhadap Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Ngurah Sinar berharap, ke depannya senam ini bisa makin diterima dan mampu menyehatkan masyarakat. Bagi Ngurah Sinar, prestasi ini menjadi penyemangatnya untuk terus berkreasi menciptakan senam-senam baru di tengah kesibukannya sebagai abdi negara.

Sementara itu, Kepala BPSDM Bali Gede Darmawa yang memberi dukungan penuh terhadap kreativitas stafnya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga. “Kreativitas positif seperti ini tentunya harus kita dukung penuh. Apalagi apa yang mereka lakukan tidak mengganggu waktu dalam menjalankan tugas dan kewajiban di kantor,” ucapnya. Dengan capaian ini, ia berharap Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali bisa makin dikenal oleh masyarakat manca negara. Selain itu, senam ini juga diharapkan lebih dikenal oleh masyarakat Bali, khususnya para pelajar. “Kita bangga karena senam ini sudah dikenal hingga ASEAN. Anak-anak sekolah juga harus kita kenalkan dengan senam ini sebagai bagian penting dalam upaya membumikan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” pungkasnya.
Untuk dketahui, Tim Senam PDKT SQUAD yang mengikuti kompetisi ini beranggotakan lima orang yaitu I Gusti Ngurah Made Sinar Darma Yasa (Ngurah Sinar), I Made Subena Putra, I Gede Yudi Septian Permana, Dewi Sumaeda dan Fitri Ariskianti Martasari.(rls)

Categorised in:

No comment for Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali Juarai Kompetisi Aerobik Tingkat ASEAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *