FT Unud Gelar Pengabdian Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa Selumbung

Amlapura (Spotbalinews) –

Fakultas Teknik Universitas Udayana menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Selumbung Kecamatan Manggis Karangasem, Sabtu (13/11) dengan tema “Peningkatan Potensi Desa Selumbung melalui Pengelolaaan Sampah Berbasis Sumber”.

Kegiatan ini disambut baik oleh Perbekel Selumbung I Wayan Sudiarka dan Ketua BPD Desa Selumbung I Wayan Kartika,SH, dengan menghadirkan tokoh masyarakat desa seperti BPD masing-masing banjar para kepala dusun, Babinsa dan Babinmas serta kelompok masyarakat penggiat kebersihan desa.

Wakil Dekan II FT Unud Dr. I Ketut Gede Sugita pada kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya mengintegrasikan kegiatan local genius.

“Seperti gotong royong rutin yang sudah berjalan baik selama ini dapat bersinergi dengan sistem pengelolaan sampah berbasis sumber mengingat jumlah penduduk yang terus meningkat,” ujarnya.

Dr. Wayan Nata Septiadi menjelaskan kegiatan ini bertujuan membuka wawasan yang lebih luas tentang pengelolaan sampah berbasis sumber,”  paparnya.

Sementara Prof. I Nyoman Suprapta Winaya yang menyampaikan materi tentang teknologi pengolahan sampah residu di TPST menekankan apabila pengelolaan sampah dilakukan dengan baik maka akan mampu meningkatkan nilai tambah perekonomian desa dan kebersihan lingkungan.

Masyarakat berharap agar Fakultas Teknik Universitas Udayana dapat meningkatkan kerja sama dengan menjadikan Desa Selumbung sebagai mitra desa.

Sehingga produk inovasi dan invensi yang diciptakan khususnya tentang pengelolaan sampah dapat diterapkan di Desa Selumbung. (ist)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.