Peduli Pemberdayaan UMKM, PLN Salurkan Bantuan Ke Kelompok Tani Wanita Gianyar

Gianyar, Spotbalinews.com –
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya diwujudkan melalui dukungan kepada Kelompok Tani Tiyisan Sari di Desa Sidan, Gianyar.

Kelompok Tani yang kini sedang mengembangkan produk seperti Teh Mentik Susu, Lulur Kelapa, Virgin Coconut Oil (VCO) dan keripik talas ini beranggotakan 100 orang yang seluruhnya merupakan ibu rumah tangga dari keluarga petani.

PLN, melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), menyalurkan bantuan berupa alat – alat penunjang produksi yang berbasis listrik untuk memudahkan kegiatan produksi yang dilakukan dengan total nilai sebesar Rp 65 juta.

“Di Desa Sidan ini, kami melihat potensi UMKM yang dimotori oleh ibu – ibu rumah tangga yang jika dikembangkan dengan baik akan mampu membangun jiwa enterpreneur yang tangguh sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” ujar Senior Manager Komunikasi dan Umum PT PLN (Persero) UID Bali, Krisantus Hendro Setyawan saat menyalurkan bantuan secara langsung di Wantilan Desa Sidan, Senin (30/05).

Krisantus mengatakan Desa Sidan yang telah dikenal sebagai desa wisata dengan pesona alam yang asri, harus juga didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

“Bantuan TJSL ini tentu tidak hanya alat – alat pendukungnya saja yang diberikan, namun juga ada pelatihannya untuk meningkatkan skill, sehingga produk – produknya nanti makin berkualitas,” ungkapnya.

Perbekel Desa Sidan, I Made Sukra Suyasa, S.Sos menyampaikan ucapan apresiasinya kepada PLN atas kepeduliannya kepada Desa Sidan khususnya kepada Kelompok Wanita Tani ini.

“Saya mewakili kelompok menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan dan kami berharap Desa Sidan dapat menghasilkan produk-produk unggulan yang mendukung pengembangan desa wisata di Kabupaten Gianyar bagian timur,” ujarnya.

Ayu Surya Adnyani Mahayastra, Ketua Tim Penggerak PKK turut menyampaikan kesannya atas sinergi yang dibangun PLN dan Kantor Pertanahan Kabupaten Gianyar untuk program bantuan yang disalurkan ke Desa Sidan kali ini.

“Saya berharap bantuan yang disalurkan ini dapat memberikan manfaat dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat sehingga penerima bantuan menjadi lebih bersemangat dan bisa memanfaatkannya secara optimal serta mampu memberi nilai tambah bagi kelompok serta pengembangan Desa Sidan menjadi kawasan destinasi wisata,” tutupnya. (Sbn)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: