Perbekel Desa Tihingan Harapkan Transformasi Teknologi Pengolahan Sampah Residu dari Civitas Akademika Unud

Mangupura, Spotbalinews.com-
Kepala desa, bendesa adat, perbekel dan lurah seluruh Provinsi Bali pada Jumat, 23 September 2022, bersama-sama menghadiri acara Seminar Bakti Desa (SBD) V 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNDU, di Auditorium Widya Sabha Kampus Bukit Jimbaran. Seminar ini bertemakan “Strategi Pengembangan Potensi Desa sebagai Sumber Pendapatan Desa dalam Mendorong Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa”, bertujuan untuk memberikan edukasi terkait strategi guna mendorong kesejahteraan masyarakat desa.

Perbekel Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, I Wayan Sugiarta turut hadir memberikan tanggapan terkait pelaksanaan SBD V 2022. Dia mengungkapkan bahwa melalui acara ini dapat merefleksikan kembali program-program desa yang telah terlaksana dan mengkomparasikan program desa yang masih perlu menjadi perhatian atau prioritas. Dia juga memaparkan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa kerja sama terkait pelaksanaan pemberdayaan masyarakat bersama Universitas Udayana seperti Kuliah Kerja Nyata yang telah berlangsung selama satu setengah bulan dan pelatihan pembuatan teh herbal oleh Fakultas Teknologi Pertanian guna membantu perluasan edukasi masyarakat baik untuk konsumsi pribadi ataupun sebagai peluang bisnis.

I Wayan Sugiarta berharap ke depannya dapat terjadi sebuah proses transformasi teknologi khususnya dalam bidang pengolahan sampah residu dari civitas akademika Universitas Udayana kepada pihak Desa Tihingan. Hal ini dikarenakan sampah residu yang terkumpul di Desa Tihingan cukup sulit diolah dan memerlukan perhatian khusus dalam pengelolaannya, sehingga sangat diperlukan sentuhan akademisi yang terampil di bidangnya untuk memberikan penerapan teknologi terkait. (Sbn)
Sumber : www.unud.ac.id

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: