Program Udayana Mengabdi, Kenalkan Potensi Kelautan dan Perikanan Usia Dini Pada Tingkat Sekolah Dasar di Desa Galungan Buleleng

Singaraja, Spotbalinews.com-
Program Udayana Mengabdi yang diinisiasi oleh Dosen Fakultas kelautan dan Perikanan dalam rangka memberikan pengenalan potensi pada bidang kelautan dan perikanan kepada anak-anak di Sekolah Dasar Negeri 1 dan 2 Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng dilaksanakan pada hari Jumat 18 Agustus 2023. Program ini dilaksanakan untuk dapat memberikan gambaran dasar-dasar potensi kelautan dan perikanan yang dapat dimengerti secara mudah oleh anak- anak, sehingga informasi yang mereka dapatkan melalui media sosial dapat dipahami secara lebih mendalam secara istilah-istilah kelautan dan perikanan.

Kegiatan pengenalan potensi kelautan dan perikanan ini dilakasanakan pada pukul 07.30 WITA di SD N 2 Galungan sampai dengan pukul 10.00 WITA bersama 10 siswa kelas VI dan 5 Siswa Kelas V. Kegiatan ini diawali dari perkenalan tim pengabdian oleh ketua pelaksana I Ketut Wija Negara, S.St.Pi., M.P, kemudian pemaparan materi pertama diberikan oleh Gede Surya Indrawan (Dosen FKP UNUD) dengan topik utama adalah ekosistem laut, diamana materi tersebut memberikan pengenalan ruang lingkup dari mangrove, terumbu karang, lamun dan biata laut lainnya.

Materi berikutnya dilanjutkan oleh I Wayan Restu (Dosen FKP UNUD) memberikan materi tentang ikan-ikan yang dilindungi, pentingnya sumberdaya perairan yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata, serta beberapa mamalia laut yang sangat penting untuk dijaga kelestariannya. Sesi terakhir dari kegiatan ini adalah penyerahan kenang-kenangan berupa pelakat serta bingkai foto Penyu yang dilindungi yang diterima oleh Wali Kelas VI SD N 2 Galungan. Setelah dilaksanakan di SD 2 Galungan kemudian dilajutkan pengenelan potensi kelautan dan perikanan dilaksanakan di SD N 1 Galungan pada pukul 11.00 WITA sampai dengan 12.30 yang diikuti oleh 27 siswa kelas VI.

Kegiatan ini diawali dengan pengalaman-pengalaman menarik dari mahasiswa/wi Fakultas Kelautan dan Perikanan. Mahasiswa/wi juga memberikan sedikit materi terkait pentingnya menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan melalui tidakan nyata untuk tidak membuang sampah ke sungai, karena sampah-sampah tersebut nantinya akan terbawa ke tengah laut, sehingga dapat mengurangi populasi ikan yang akan kita konsumsi.

Mahasiswa juga mengenalkan indahnya kehidupan di tengah laut melalui kegiatan menyelam, banyak pengetahuan yang didapatkan dari kefiatan meyelam di tengah laut. Materi berikutnya dilajutkan kembali oleh Gede Surya Indrawan untuk memberikan pengetahuan terkait ekosistem laut, dan biota laut lainnya. Kegiatan ini juga diikuti secara seksama oleh Kepala Sekolah SD N 1 Galungan I Nyoman Budiartana, beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada tim pengabdian karena walaupun lokasi sekolah cukup jauh, namun semangat untuk mengenalkan potensi kelautan dan perikanan cukup besar.

Sesi terakhir dari kegiatan ini adalah penyerahan kenang-kenangan berupa pelakat serta bingkai foto Penyu yang dilindungi yang diterima oleh Kepala Sekolah. Kepala sekolah juga sangat berharap kedepan ada program pengabdian yang dapat membantu siswa/wi sekolah dasar untuk melaksanakan project yang salah satunya adalah kegiatan budidaya air tawar.(rls/sbn)

sumber: www.unud.ac.id

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.