Rayakan Dies Natalis FK UGM Ke-76, Kolaborasi Layanan Kesehatan Digelar Kagama di Lapas Kerobokan


Denpasar (Spotbalinews) –

Serangkaian acara Dies Natalis ke-76 Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Bali menggelar kolaborasi layanan kesehatan di Lapas Kerobokan, Denpasar, Bali.

“Acara ini merupakan bagian dari acara nasional yang digelar oleh Kagama Kedokteran pada 47 Lapas di 30 provinsi,” kata Ketua Kagama Bali IGN Agung Diatmika, Sabtu (5/2/2022). Acara nasional itu dibuka secara virtual oleh Wakil Ketua Kagama Budi Karya Sumadi yang juga adalah Menteri Perhubungan.

Dalam pelaksanaannya, Kagama berkolaborasi dengan sejumlah pihak antara lain Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Asosiasi Rumah Sakit TNI dan Polri, Kemenkumham dan pihak Lapas. “Kita harapkan kolaborasi ini akan berlanjut untuk memberikan manfaat bagi mereka yang membutuhkan seperti warga yang sedang menjalani pembinaan di Lapas ini,” kata Diatmika.

Adapun layanan yang diberikan mulai dari vaksinasi COVID-19, penyuluhan pola hidup sehat serta kesehatan produksi. Warga binaan yang sedang mengalami masalah kesehatan juga dapat langsung memeriksakan dirinya dan memperoleh pengobatan serta vitamin.
Koordinator layanan kesehatan di Lapas AA Hartawan menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Untuk vaksinasi memang terus kita lakukan karena warga disini khan keluar masuk. Jadi yang baru masuk dan belum divaksin harus segera divaksin,” tegasnya.

Menurutnya, masalah kesehatan di masa pandemi memang menjadi tantangan berat bagi pihak Lapas karena kondisi Lapas yang overload. “Saat ini penghuninya 1300 orang padahal kapasitasnya cuma ratusan saja,” tegasnya. Karena itu, selain vaksinasi, pihaknya bekerja keras untuk mencegah masuknya penularan virus dan menegakkan protokol kesehatan. (Rls)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: