Unud Jalin Kerjasama dengan Pemkab Kaimana Bidang Kesehatan dan Pariwisata

Denpasar (Spotbalinews) –
Universitas Udayana (Unud) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unud dengan Bupati Kaimana.

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU menyatakan menyambut gembira kerjasama yang pada tahap awal akan ditindaklanjuti para pihak.

Pertama dalam bidang kesehatan akan dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran dengan mengirimkan dokter, spesialis atau residen ke Kabupaten Kaimana untuk melakukan pengabdian masyarakat, dan nantinya diharapkan bisa berperan lebih luas dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kaimana.

Kemudian yang kedua kerjasama dalam bidang pariwisata dengan melibatkan SDM Unud dalam membantu pengembangan potensi pariwisata di Pemkab Kaimana.

“Potensi yang ada bisa diangkat dan nantinya menjadi salah satu tujuan wisata favorit,” kata Rektor di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Jumat (21/1/2022).

Dalam bidang pariwisata, Dekan Fakultas Pariwisata akan melakukan pengiriman tenaga ahli untuk melakukan kajian maupun penelitian, sehingga Unud bisa memberikan sumbangsih dalam peningkatan pariwisata di Kaimana.

Saat ini Fakultas Pariwisata Universitas Udayana juga sudah bekerjasama dengan beberapa daerah diwilayah Timur, salah satunya di Raja Ampat, di mana tenaga ahli pariwisata di Unud juga turut memberikan kontribusinya dalam pengembangan pariwisata, dan hal yang sama diharapkan bisa diterapkan di Kaimana.

Sementara Bupati Kaimana Freddy Thie mengucap puji syukur bisa bekerjasama dengan Unud khususnya dalam bidang kedokteran dan pariwisata.

Melalui Kerjasama ini diharapkan adanya bantuan Unud dalam bidang kesehatan sesuai dengan keberadaan Fakultas Kedotkeran yang dimiliki Unud yang nantinya diharapkan tamatan Unud bisa mengabdi di Kaimana untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Untuk bidang pariwisata, melalui kerjasama ini diharapkan Fakultas Pariwisata bisa membantu melakukan pengembangan pariwisata berkelanjutan mengingat Kaimana memiliki potensi alam yang luar biasa, namun selama ini belum ada perencanaan sebagaimana yang diharapkan. “Program yang dibuat kedepan berupa program pariwisata berkelanjutan, terutama untuk daerah yang dikenal sebagai Kota Senja,” kata Bupati Kaimana.

Sebagai tindaklanjut penandatanganan Nota Kesepaham, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dekan Fakultas Pariwisata Unud dengan Bupati Kaimana yang dilaksanakan pada hari yang sama. (Ist)

Sumber : www.unud.ac.id

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: