Buktikan Ketangguhan, Daihatsu Gelar Test Drive All New Daihatsu Xenia Bersama Jurnalis di Bali

Denpasar (Spotbalinews) –
All New Xenia yang dilaunching pada 14 November 2021, bertempat di Atrium Mall Bali Galeria memberikan banyak sekali ubahan pada model generasi ketiga ini.

Salah satunya berubahnya sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) menjadi sistem penggerak roda depan (front wheel drive/FWD).

Arief Budianto, selaku Kepala Cabang Astra Daihatsu Denpasar Cokro-Tabanan-Gianyar, didampingi Kepala Cabang Daihatsu Singaraja, I Wayan Sumerta, serta Luh Citra Pertiwi, Kepala Cabang Daihatsu Sanur, disela-sela acara
Test Drive All New Daihatsu Xenia Bersama Jurnalis, Jumat (10/12/2021), mengakui mobil RWD memang lebih tangguh di tanjakan ketimbang FWD. Meski begitu, All New Xenia pihaknya rancang agar tetap kuat stop and go di tanjakan curam dalam kondisi penuh penumpang.

“Demi membuktikannya, kami sengaja mengajak jurnalis mengetes All New Xenia dengan rute start mulai di diler Daihatsu Sanur-Pering-Kintamani-Penglipuran- By Pass Ida Bagus Mantra hingga kembali finish di diler Daihatsu Sanur.

Rutenya antara lain melewati tikungan tajam yang punya tanjakan-tanjakan curam dengan kemiringan 15 derajat hingga 19 derajat dan jalan dua arah yang tergolong sempit. Namun, All New Xenia tipe 1.5 R CVT yang dikendarai Dendra dari Bali Portal News dan I Wayan Suwarjaya dari Spotbalinews, ternyata bisa melaju di tanjakan-tanjakan itu tanpa hambatan. Rentang putaran mesin untuk tanjakan yang cukup curam itu, yakni antara 2.500-3.500 rpm.

Arief Budianto menjelaskan All New Xenia bahkan lolos tes internal yaitu melaju secara stop and go di tanjakan berkemiringan hingga 18 derajat. Daihatsu mengisi unit yang diuji dengan tujuh penumpang berbobot rata-rata masing-masing 65 kg serta bobot tambahan 50 kg. Menurutnya, kendalan All New Xenia FWD 1.3 di tanjakan antara lain disebabkan oleh penyesuaian Engine Control Unit (ECU) yang mereka lakukan. Rasio gigi dibuat lebih rendah pula.

Soal kenyamanan, Xenia terkini lebih ‘bersahabat’ dengan penumpang dalam berbagai aspek. Suspensinya lembut ketika melibat jalan bergelombang, tak lagi amat keras seperti dahulu.

Dari sisi kelegaan kabin, peningkatannya luar biasa. Bagaimana tidak, dari sisi dimensi saja panjangnya bertambah sekitar 200 mm. Lebarnya pun bertambah kisaran 70 mm.

Suara gerungan mesin juga tak banyak masuk ke interior berkat insulasi yang ditingkatkan. Getaran di kabin berkurang dan ini wajar karena tidak ada lagi drive shaft akibat pergantian RWD ke FWD.
Head Unit 9 Inci yang disertai Android Auto serta Apple CarPlay pada Xenia 1.5 R CVT makin memperkuat kenyamanan sepanjang perjalanan.

Arief Budianto menambahkan, All New Xenia yang merupakan generasi ketiga ini, menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), yakni platform terbaru Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep: Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Sebagai kendaraan Low MPV berkapasitas 7 penumpang, All New Xenia hadir dengan 2 pilihan mesin 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-I, serta transmisi CVT, membuat All New Xenia memiliki performa bertenaga, responsif, akselerasi yang halus, dan efisiensi bahan bakar lebih baik.

“Dalam hal keselamatan, All New Xenia juga dilengkapi fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya, yaitu Daihatsu A.S.A (Advances Safety Assist),’ jelasnya. Tak hanya itu, All New Xenia juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya, seperti ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag.

Pada sisi keamanan, All New Xenia juga menyematkan fitur Window Jam Protection, Immobilizer, serta Rear parking Camera & 360 degrees Around View Monitor untuk memudahkan visibifitas pengendara saat bermanuver mundur. Dengan lampu LED yang modern, serta polished alloy wheel yang sporty, membuat All New Xenia tampil futuristik. “Dengan ground clearance setinggi 205 mm, serta radius putar sejauh 4,9 meter, membuat Xenia semakin mudah dalam bermanuver saat berkendara,'” tandasnya. (Aya)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: