Hadiri Automotive Community Gathering “Year End 2021”, Wagub Cok Ace Harapkan Kedepannya Bali Menjadi Pusat Wisata Rally

Denpasar (Spotbalinews) –

Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut gembira kegiatan Automotive Community Gathering “Year End 2021” yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Keberlangsungan acara ini sangat berarti sekaligus membantu mempromosikan Bali, dan juga membuktikan bahwa Bali sangat kondusif, aman dan nyaman untuk dijadikan tempat melakukan aktivitas pariwisata. Hal ini disampaikan Wagub Bali Cok Ace dalam sambutannya di Benoa Cruise Terminal, Pelabuhan Benoa Bali, Kamis (30/12).

“Dengan kombinasi alam yang indah dan kondisi infrastruktur jalan penghubung antar kabupaten yang sudah bagus, Bali
yang merupakan daerah unik di Indonesia yang sangat cocok sebagai daerah untuk pengembangan otomotif, dan nantinya diharapkan mampu mengembangkan pusat wisata rally sekaligus tepat dijadikan event otomotif,” imbuh Wagub Cok Ace.

Dalam Visi “NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI” dimaknai sebagai upaya untuk menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya, sebagai upaya mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia sekala niskala, dilakukan melalui pembangunan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah, dan terintegrasi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945.

Penyelenggaraan acara ini tentu sejalan dengan Visi Pembangunan Bali, dimana saat ini Bali juga turut berperan dan berkontribusi dalam Industri Otomotif. Dimana industri otomotif merupakan salah satu sektor andalan yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian Bali.

“Sektor otomotif juga memberikan dampak luas kepada masyarakat Bali yang bekerja di sepanjang rantai nilai industri otomotif. Tentu saja Pemerintah Provinsi Bali, selalu mendorong industri otomotif untuk terus tumbuh dan berkembang. Langkah ke arah itu dilakukan melalui inovasi teknologi, membuka investasi, menyediakan tenaga kerja dan sebagainya. Sehingga dengan cara itu, industri otomotif di Bali dapat memacu pertumbuhan dan daya saing sektor infrastruktur sehingga mampu memberikan kontribusi ekonomi Bali,” tegasnya.

Nampak hadir secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno yang mengatakan bahwa pihaknya sangat senang kegiatan Automotive Community Gathering “Year End 2021” dapat dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa Bali aman untuk dikunjungi dan besar harapan untuk dapat mendorong pelaksanaan sport tourism ke depannya. Sehingga Bali bisa menyediakan akomodasi sebagai dukungan yang menggagas touring bagi wisatawan. Dengan konsep “3G” yakni gerak cepat,
gerakan bersama dan garap semua potensi untuk menciptakan lapangan kerja, maka diyakini kota semua akan mampu melalui ujian ditengah pandemi Covid-19 ini.

Sementara Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menambahkan
bahwa pada tahun 2022 Bali akan menjadi tempat dilaksanakannya Konferensi Tingkat Tinggi G20. Untuk itu Pemerintah sudah mengkampanyekan untuk menggunakan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) sebagai transportasi utama.

Langkah ini, tentu saja dalam rangka mendukung target menurunkan emisi karbon dioksida (CO2) sebesar 29% hingga 2030, sesuai komitmen dalam KTT Perubahan Iklim di Paris. Saat ini Pemerintah dalam mensukseskan G20 Tahun depan di Bali sedang menyiapkan infrastrukturnya, termasuk kendaraan yang akan digunakan oleh para delegasi dengan menggunakan EV.

Ini merupakan langkah awal Pemerintah mencanangkan pemakaian kendaraan motor listrik secara menyeluruh pada 2060 mendatang. Pemerintah pun menargetkan KTT G20 akan menjadi ajang showcase penggunaan mobil sekaligus sebagai salah satu simbol dan tema utama G20 yakni transisi ke energi bersih.

Ditambahkan Ketua IMI Bambang Soesatyo, bahwa Bali terpilih sebagai tempat pelaksanaan festival kendaraan listrik pada tanggal 3 sampai dengan 9 Januari 2022 mendatang.(rls)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: