Perkuat Group Riset, FMIPA UNUD Gelar Monev

Denpasar (Spotbalinews) –
Untuk memperkuat group riset penelitian dan pengabdian, memperkuat jalinan kolaborasi riset, meningkatkan dana riset, publikasi/patent/HKI, serta meningkatkan hilirisasi hasil-hasil penelitian, FMIPA Universitas Udayana mengadakan monev group riset atau bidang keahlian masing-masing prodi yang diadakan secara offline dengan tetap menerapkan protocol Kesehatan yang ketat.

Pada kesempatan ini Dekan FMIPA Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, Ph.D dalam sambutannya berharap dengan adanya monev internal ini, FMIPA mampu memperkuat group riset (mengidentifikasi permasalahan dan menghasilkan solusi atas permasalahan yang ada) serta mampu meningkatkan produk-produk hilirisasi yang dapat dimanfaatkan oleh industri, stakeholder, maupun masyarakat.

Monev group riset yang dihadiri oleh Dekan FMIPA – Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, Ph.D, WD1 – Dr. G.K. Gandhi Adi, S.Si, M.T, WD2 Dr. Drs. I Made Sukadana, M.Si, WD 3 Prof. Ni Nyoman Rupiasih, S.Si, M.Si, Koordinator Seluruh Program Studi di FMIPA, Koordinator Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2M) Prof. Ir. Komang Dharmawan, M.Math, Ph.d, Koordinator Unit Pelaksana dan Penjaminan Mutu FMIPA (UP3M) Dr. Ida Ayu Gede Widihati, S.Si, M.Si, Koordinator Unit Pengelola Data dan Informasi FMIPA (UPIK) Agus Muliantara, S.Kom, M.Kom., Koordinator Unit Kerja Sama Dra. Luh Putu Eswariyanti Kusuma Yuni, M.Sc., Ph.D., Kepala Bagian Tata Usaha Ir. Ni Made Arini, kepala Lab di lingkungan FMIPA, serta staf tenaga kependidikan ini membahas mengenai peluang pengembangan group riset yang ada di Fakultas MIPA dalam mengantisipasi perkembangan teknologi dan keilmuan.

Dalam monev ini, disepakati pembuatan group research baru dan menghapus group research (kelompok study) yang ada sebelumnya guna memperluas topik sehingga bisa dilaksanakan lintas prodi, dilingkungan FMIPA, Unud, luar Unud dan international yang nantinya akan menjadi unggulan FMIPA yang anggotanya terdiri atas dosen-dosen yang memiliki ketertarikan dengan bidang-bidang dalam group riset tersebut. Lebih lanjut group riset yang dihasilkan dalam monev ini adalah tiga buah group riset Penelitian dan sebuah group riset pengabdian yaitu:

Group Riset penelitian Produk Bahan Alam dan Kesehatan Group Riset penelitian Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Group Riset penelitian Big Data dan Machine Learning
Group Riset Pengabdian STEM bagi masyarakatKetiga group riset penelitian dan sebuah group riset pengabdian ini nantinya diharapkan dapat memperkuat jalinan kolaborasi riset, mendapatkan dana riset termasuk dalam bentuk inkind, dan menghasilkan publikasi/patent sederhana/HKI.(Ist)

Sumber : www.unud.ac.id

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: