FMIPA Unud Gelar Lepas Kesan Calon Wisudawan Periode Agustus 2022

Denpasar, Spotbalinews.com-
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Udayana menggelar acara Lepas Kesan Calon Wisudawan Periode Agustus 2022, pada Selasa, 2 Agustus 2022 bertempat di Aula Nusantara, Gedung Agrokompleks Universitas Udayana Denpasar. Lepas kesan periode Agustus ini sedikit spesial karena dilakukan secara luring penuh.

Hadir dalam acara ini Dekan FMIPA, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Koordinator Program Studi di lingkungan FMIPA, Koordinator Unit, Koordinator Tata Usaha, Sub-Koordinator Tata Usaha, staf panitia, para calon wisudawan, dan perwakilan orang tua calon wisudawan.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Drs. GK Gandhiadi, M.T, dalam paparannya menyampaikan sangat bangga bisa melepas calon wisudawan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya, baik melanjutkan ke jenjang studi lanjutan atau langsung bekerja.

FMIPA Unud secara total di bulan Agustus ini meluluskan 109 orang mahasiswa yang terdiri atas Doktor Biologi sebanyak 1 mahasiswa, Magister Kimia 3 orang mahasiswa, Magister Biologi 2 orang mahasiswa, Sarjana Kimia 8 orang mahasiswa, Sarjana Fisika 4 orang mahasiswa, Sarjana Biologi 10 orang mahasiswa, Sarjana Farmasi 31 orang mahasiswa, Sarjana Informatika 50 orang mahasiswa.

Lepas dan Kesan Calon Wisudawan periode Agustus 2022 ini adalah salah satu periode yang unik, karena FMIPA mampu meluluskan mahasiswa tepat waktu lebih dari 50%. ‘’Ini patut diapresiasi karena kerja keras dosen-dosen untuk membimbing anak-anak kita sehingga bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya. Hal ini pun membuktikan bahwa sumber daya manusia di FMIPA adalah sangat baik. Semoga apa yang dicapai saat ini bukanlah akhir, namun mampu menjadi awal kesuksesan selanjutnya,’’ paparnya.

Sebagai mahasiswa lulusan terbaik diraih Ni Made Rai Nirmala Shanti, S.Kom, dari Program Studi Sarjana Informatika, dengan IPK 3,94. Lebih lanjut Gandhiadi berharap agar para calon wisudawan yang lulus sekarang nanti ikut berpartisipasi dalam mengisi tracer studi.

Seperti diketahui tracer studi merupakan sebuah gambaran bagaimana lulusan FMIPA mampu diserap oleh masyarakat atau industri. Tracer studi ini sangat penting untuk peningkatan pembelajaran di FMIPA, namun hingga saat ini jumlah responden tracer studi FMIPA masih belum mencapai angka minimal 70% yang telah ditetapkan.

Ghandiadi menyampaikan, dia tidak akan berhenti mengingatkan setiap lulusan untuk selalu ikut berpartisipasi dalam tracer studi yang dilaksanakan oleh Universitas Udayana yang dilaksanakan melalui SMS dalam rangka pengembangan universitas, fakultas, dan program studi.

Selanjutnya dalam sambutan Dekan FMIPA Unud, Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, Ph.D menyampaikan, FMIPA akan selalu berbenah untuk menjadi lebih baik. Tahun 2022 ini dimulai pembangunan gedung untuk farmasi, apoteker dan informatika. Semoga pembangunan sarana dan prasarana ini nantinya dapat meningkatkan proses pembelajaran di FMIPA sehingga mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang hebat.

Watiniasih mengucapkan banyak terima kasih kepada orang tua mahasiwa yang sudah mempercayakan anaknya untuk mengenyam pendidikan di FMIPA Unud. Diharapkan setelah lulus ini para lulusan FMIPA sudah memiliki rencana, mau kemana dan mau apa. ‘’Seperti yang disampaikan Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan, kami sangat membutuhkan peran serta adik-adik dalam pengisian tracer studi karena dengan tracer studi kita bisa melihat gambaran fakultas akan SDM, sarana dan prasarana, kepuasan mahasiswa dalam mengenyam pendidikan dan juga sebagai bahan dalam interospeksi serta pengembangan FMIPA ke depan,’’ ujar Dekan.

Tidak lupa sebagai penutup, Watiniasih berpesan kepada para calon wisudawan, mari tinggalkan yang buruk-buruk, dan sebar luaskan hal-hal yang baik atau positif. Sebagai bentuk apresiasi kepada lulusan terbaik, Ni Made Rai Nirmala Santhi, S.Kom dari Program Studi Sarjana Informatika dalam pesan dan kesannya yang disampaikan dengan penuh haru dalam suara yang gemetar, mengatakan bahwa dia sebagai bagian dari civitas akademika FMIPA selama 4 tahun ini.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua civitas akademika FMIPA yang terdiri atas pimpinan, staf akademik di dekanat, dosen-dosen dan tenaga kependidikan di program studi, serta teman-teman dari semua progam studi yang sudah mendukung kami mahasiswa-FMIPA dalam menempuh studi sehingga dapat lulus dengan baik dan tepat waktu. Santi menyampaikan perasaan harunya kepada teman-teman seperjuangan yang awalnya masuk bersama-sama, berkenalan, berproses, dan pada akhirnya lulus juga bersama-sama. Suatu kehormatan yang besar bisa bergabung dan menjadi insan FMIPA Unud.

Lebih lanjut Santi berharap FMIPA dapat lebih mewadahi atmosfer akademik sehingga adik-adik kelas nantinya bisa menghasilkan prestasi yang lebih baik. ‘’Santi tidak lupa menyampaikan permohonan maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan yang telah kami lakukan, karena kami sadar kami masih jauh dari sempurna. Klungkung Semarapura, Kirang langkung nunas geng sinampura,’’ kata Santi mengakhiri pidato pesan dan kesannya yang mendapat sorak sorai dan tepukan tangan dari para undangan.

Tidak lupa dalam sambutan perwakilan orang tua yang disampaikan oleh orang tua dari lulusan terbaik, menyatakan ucapan terima kasihnya kepada seluruh Civitas Akademika FMIPA Universitas Udayana yang telah mendidik putra-putrinya selama 4 tahun. ‘’Kami sebagai orang tua memohon maaf apabila putra-putri kami melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja,” ungkapnya. (Sbn)
Sumber : www.unud.ac.id

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: