Ciptakan Pengusaha Muda Bidang Kelautan, Ilmu Kelautan FKP Unud Gelar Training Entrepreneurship

Denpasar, Spotbalinews.com-
Pada era globalisasi sekarang ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki banyak keahlian dalam menghadapi tantangan ke depan demi memperoleh pekerjaan ataupun pendapatan yang layak. Menyiasati hal tersebut, program studi Ilmu Kelautan (IKL), Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unud mengadakan pelatihan (training) entrepreneurship bagi mahasiswa di Ruang Perpustakaan lantai 3, Universitas Udayana pada hari Selasa, 27 September 2022.

Pelatihan ini merupakan bagian dari aktivitas yang bernama Udayana Marine Sciences Capacity Building, sebuah program yang diusulkan oleh prodi IKL di tingkat nasional dan layak dinyatakan layak didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Adapun luaran yang diharapkan dari acara ini adalah lulusan mahasiswa FKP Unud yang memiliki kemampuan dalam melihat peluang usaha terutama di bidang kelautan.

Narasumber yang diundang adalah seorang alumni mahasiswa IKL FKP yang kini bekerja sebagai program coordinator dan peneliti di Yayasan Kalimajari Indonesia, yang memiliki fokus pada pemberdayaan masyarakat nelayan, terutama yang bergerak di bidang rumput laut, I Nengah Jaya Nugraha. Narasumber kedua adalah Adrian yang berasal dari Reefmaster (PT Tunas Samudra Bali). Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si.

Dalam sambutannya, Dekan FKP Unud menyampaikan bahwa penciptaan lapangan pekerjaan melalui dunia usaha di era industry 4.0 menjdi tantangan tersendiri bagi generasi muda. ‘melalui acara ini, agar mahasiswa dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dalam menumbuhkan minat dan keahlian untuk menjadi generasi tangguh dalam menciptakan pengusaha-pengusaha muda yang bergerak di bidang kelautan dan perikanan’ imbuhnya.

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa (85 orang) dan dosen di lingkungan FKP Unud tersebut berjalan dengan antusiasme yang tinggi. Hal itu terlihat dari niatan dan keingintahuan mahasiswa untuk mengulik lebih dalam tentang dunia usaha kelautan saat sesi tanya jawab.

Dengan terlaksananya acara tersebut, FKP Unud melalui prodi Ilmu Kelautan berharap jumlah lulusan yang berminat menjadi pengusaha muda, terutama pada bidang kelautan dan perikanan yang memang memiliki sumberdaya yang sangat melimpah, sehingga segala bentuk pendidikan yang didapatkan selama berkuliah di FKP UNUD dapat diterapkan melalui dunia usaha tersebut dan memiliki manfaat bagi masyarakat, terutama dalam aspek ekonomi kelautan yang berkelanjutan.(Sbn)
Sumber : www.unud.ac.id

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: